Harga Wajar Saham (PBV)

Definisi Harga Wajar Saham (PBV)

Nilai wajar saham dapat dipahami sebagai nilai saat ini dari aliran kas masuk yang akan diperoleh secara kontinu selama suatu perusahaan masih beroperasi atau menjalankan kegiatan usaha.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Harga Wajar Saham?

Harga Wajar Saham merupakan jumlah yang layak atau pantas untuk dibayar untuk membeli saham. Pelaku pasar modal yang memiliki pandangan yang berbeda terhadap harga suatu saham mendorong interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di bursa saham yang akhirnya menyebabkan fluktuasi dalam harga saham tersebut. Ketika harga wajar saham telah ditentukan sesuai kesepakatan antara penjual dan pembeli, terjadilah transaksi tersebut.

Lewat Harga Wajar Saham, investor dapat mencari tahu apabila harga saham yang beredar di pasar saat ini sejalan dengan nilai buku perusahaan, serta apabila harga saham saat ini lebih tinggi atau rendah dibandingkan nilai aset perusahaan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Prinsip Penilaian Harga Wajar Saham

  • Mengkalkulasikan banyaknya uang yang akan masuk kedalam kas perusahaan di masa yang akan datang, dimana semakin besar kas yang masuk selaras dengan semakin besar pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan.
  • Menghitung nilai aset yang dimiliki perusahaan untuk dijual apabila perusahaan tersebut mengalami kerugian hingga kebangkrutan.
  • Membandingkan harga saham suatu perusahaan dengan harga saham perusahaan sejenis, baik lebih mahal maupun lebih murah.

Kekurangan Penilaian Harga Wajar Saham

Meskipun penilaian harga wajar saham merupakan salah satu metode yang sangat berguna dalam mengambil keputusan, metode ini tidak dapat diaplikasikan ke seluruh perusahaan di bursa saham. Metode ini tidak relevan terutama bagi akuntansi tradisional terhadap perusahaan berbasis teknologi tinggi, dimana aset utama perusahaan jenis ini adalah intellectual property yang sulit didefinisikan oleh akuntansi keuangan pada umumnya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍