Harga Pokok Produksi

Definisi Harga Pokok Produksi

Harga Pokok Produksi adalah daftar biaya produksi yang harus dikeluarkan perusahaan pada periode tertentu. Di dalamnya terkait dengan biaya pengadaan bahan baku, alat produksi, bahan pendukung produksi dan lain sebagainya.

Accurate

Cara Menentukan Harga Pokok Produksi

1. Menghitung Harga Pokok Produksi

Harga pokok produksi didapat dengan cara menjumlahkan total biaya produksi dengan persediaan barang dalam proses produksi awal dikurangi dengan persediaan barang dalam proses produksi akhir, dengan rumus: total biaya produksi + persediaan barang dalam proses produksi awal – persediaan barang dalam proses produksi akhir.

2. Menghitung Harga Pokok Penjualan

Nilai dari Harga Pokok Penjualan ini bisa didapat dari harga pokok produksi dijumlah dengan persediaan barang awal lalu dikurangi dengan persediaan barang akhir, dengan rumus: harga pokok produksi + Persediaan barang awal – persediaan barang akhir.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Komponen-Komponen dalam Harga Pokok Produksi

1. Biaya Bahan Baku

Biaya bahan baku merupakan seluruh biaya yang terlibat dan digunakan untuk kebutuhan membeli bahan baku produksi bagi sebuah perusahaan. Biaya-biaya tersebut tidak hanya sekedar dihitung dari harga bahan baku saja, tetapi juga mengenai biaya lain dan proses untuk mendapatkan biaya bahan baku tersebut.

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung

Biaya tenaga kerja merupakan seluruh biaya yang digunakan untuk membayar tenaga kerja (karyawan) yang dipekerjakan untuk memperoleh barang produksi suatu perusahaan.

3. Biaya Overhead

Biaya overhead merupakan segala bentuk biaya yang diperlukan dalam kegiatan memproduksi bahan baku menjadi barang yang siap untuk dijual. Biaya ini meliputi ongkos biaya tenaga kerja tidak langsung, biaya penyusutan peralatan industri, perawatan dan servis alat-alat produksi.

4. Persediaan Awal Barang

Persediaan awal barang merupakan segala persediaan barang yang terdapat di awal tahun buku berjalan atau saldo yang dimiliki perusahaan pada laporan neraca tahun sebelumnya.

5. Persediaan Akhir Barang (End Inventory)

Persediaan akhir barang merupakan persediaan barang-barang pada akhir suatu periode tertentu atau tahun buku berjalan.

6. Pembelian Bersih

Pembelian bersih merupakan segala biaya yang mencakup pembelian barang untuk produksi, baik biaya bahan baku maupun biaya bahan pelengkap.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍