• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Harga Nominal

"Harga yang bukan penawaran perusahaan untuk membeli dan atau menjual, tetapi lebih utama untuk informasi atau memberikan indikasi harga dan apa yang berlaku pada perusahaan tersebut (nominal price)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Harga Nominal?

Harga nominal adalah harga dari suatu barang atau produk pada masa barang atau produk tersebut diproduksi. Harga nominal tidak terpengaruh akan adanya inflasi, jadi harga nominal tidak akan berubah. Hal tersebut berbeda dengan harga riil yang berubah-ubah sesuai zaman mengikuti inflasi.

Contoh Harga Nominal

Ambil contoh nilai dolar. Harga nominal dari dolar tersebut adalah harga yang tertera di pecahan dollar tersebut. Misalnya di uang dollar tertera 10 dolar, itulah harga nominalnya. Nilai harga nominal akan selalu tetap dan tidak akan berubah-ubah. Sedangkan nilai tukarnya akan selalu berubah-ubah mengikuti inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Nilai yang berubah itulah yang disebut harga riil, sedangkan harga nominal adalah nilai dolar yang tidak berubah.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harga

“Nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang: mobil ini sangat mahal --nya;jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu.”

Selengkapnya

Nilai Nominal

"Nilai yang tercantum pada surat berharga atau instrumen keuangan lain; nilai nominal saham biasa adalah nilai nominal yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan dan tidak mempunyai hubungan atau kaitan khusus dengan kondisi keuangan perusahaan yang bersangkutan setelah tanggal pengeluaran saham tersebut; nilai nominal surat utang, misalnya obligasi, sangat berkaitan dengan kondisi keuangan karena nilai tersebut merupakan harga yang akan dibayarkan kepada pemegang obligasi pada saat jatuh tempo (at par nominal)."

Selengkapnya

Nilai Buku

"Nilai aset perusahaan yang tertera pada catatan perakunan, umumnya tidak sama dengan nilai pasar; biasanya, yang dicatat adalah harga ketika aset tersebut dibeli; setiap tahun nilai aset tersebut dikurangi atau didepresiasikan dan pengurangan nilai tersebut dibebankan pada pendapatan perusahaan; nilai buku adalah biaya dikurangi akumulasi depresiasi (book value)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo