• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Hak Kebendaan

Hak yang memberikan kekuasaan langsung atas suatu benda dan dapat dipertahankan terhadap siapa pun, misalnya hak milik, hak hipotek, dan hak jaminan utang (zakelijkrecht).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Hak Kebendaan?

Hak kebendaan adalah adalah hak yang memberikan kekuasaan langsung atas suatu benda dan dapat dipertahankan terhadap siapapun. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, hak kebendaan dibedakan menjadi dua, yaitu hak kebendaan yang memberikan jaminan (gadai, hipotek, hak tanggungan, fidusia), dan hak kebendaan yang memberikan kenikmatan (hak milik, bezit).

Karakteristik Hak Kebendaan

  1. Hak kebendaan bersifat absolut, yang berarti haknya dapat dipertahankan terhadap setiap orang.
  2. Jangka waktunya tidak terbatas.
  3. Hak kebendaan mempunyai droit de suite (zaaksgevolg) yang berarti mengikuti bendanya dimanapun benda tersebut berada. Dalam hal hak kebendaan di atas suatu benda, maka kekuatan hak itu ditentukan berdasarkan urutan terjadinya (asas prioritas).
  4. Hak kebendaan memberikan wewenang yang sangat luas kepada pemiliknya. Hak ini dapat dijual, dijaminkan, disewakan, atau dapat digunakan sendiri.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Hak Paten

"n hak yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau perusahaan atas permohonannya untuk menikmati sendiri temuannya serta perlindungan terhadap kemungkinan peniruan oleh pihak lain atas ciptaan atau temuannya itu"

Selengkapnya

Gadai

"Hak tanggungan atas barang bergerak; barang jaminan harus lepas dari kekuasaan debitur (pand)."

Selengkapnya

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo