• Produk
  • Promo
  • Artikel

Hak Gadai

Hak kreditur atas harta tertentu sebagai jaminan piutangnya; misalnya, sebuah rumah yang diikat dengan hak tanggungan, apabila tidak dibayar tepat pada waktunya, maka rumah yang dijaminkan bisa dieksekusi untuk melunasi utangnya (lien).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Hak Gadai?

Hak gadai adalah hak hukum yang diberikan oleh pemilik properti, oleh hukum atau diperoleh oleh kreditor. Setelah dijalankan, hak gadai menjadi hak hukum kreditor untuk menjual properti jaminan dari debitur yang gagal memenuhi kewajiban pinjaman atau kontrak lainnya. Properti yang menjadi subjek hak gadai tidak dapat dijual oleh pemiliknya tanpa persetujuan dari pemegang hak gadai. Hak gadai mengambang mengacu pada hak gadai pada inventaris, atau properti tidak tetap lainnya.

Contoh Hak Gadai

Gadai juga sering diberikan ketika seseorang mengambil pinjaman dari bank untuk membeli mobil. Individu membeli kendaraan dan membayar penjual menggunakan dana dari bank, akan tetapi mereka memberi bank gadai pada kendaraan tersebut. Jika individu tersebut tidak membayar kembali pinjaman, bank berhak mengambil kendaraan, dan menjualnya untuk membayar kembali pinjaman. Jika individu membayar kembali pinjaman secara penuh, pemegang hak gadai (bank) kemudian melepaskan hak gadai tersebut, dan orang tersebut memiliki kendaraan yang bebas dan bebas dari segala hak gadai.

Fungsi Hak Gadai

Hak gadai berfungsi untuk menjamin kewajiban yang mendasarinya, seperti pembayaran kembali pinjaman. Jika kewajiban yang mendasarinya tidak terpenuhi, kreditor mungkin dapat menyita aset yang menjadi subjek hak gadai.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Pegadaian

"n tempat bergadai; rumah gadai;"

Selengkapnya

Gadai

"Hak tanggungan atas barang bergerak; barang jaminan harus lepas dari kekuasaan debitur (pand)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo