Great Depression

Definisi Great Depression

Great Depression merupakan sebuah istilah yang pertama kali muncul pada tahun 1929. Hal ini disebabkan adanya peristiwa kemerosotan kondisi ekonomi di Amerika yang berakibat pada ketidakstabilan ekonomi dunia. Berbagai negara pun akhirnya terdampak mulai dari pendapatan rakyat, harga komoditas, hingga keuntungan perusahaan sangat anjlok. Oleh karena itu Great Depression menggambarkan sebuah keanjlokan ekonomi yang sangat parah.

pluang.com;econlib.org

Kapan Great Depression terjadi?

Great Depression terjadi di Amerika selama 1 dekade, dimulai semenjak harga saham yang turun secara drastis di bulan September 1929, hingga akhirnya mencapai puncak kemelaratan 1 bulan kemudian. Indeks saham anjlok dan kepercayaan masyarakat terhadap bank menghilang. Tidak hanya perusahaan namun juga banyak lembaga perbankan Amerika yang bangkrut dan tutup.

(econlib.org)

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Faktor Penyebab Great Depression

Mengenai penyebab dan faktor penyebab terjadinya Great Depression tidak dapat diketahui secara spesifik. Namun para ahli ekonomi dan sejarawan menyetujui bahwa adanya kondisi Great Depression diawali penurunan dan anjloknya pasar saham tahun 1929, perubahan standar emas, penurunan pinjaman dan tarif, serta kepanikan perbankan, dan kebijakan moneter yang dikontrak oleh The Fed.

(investopedia.com)

Bagaimana situasi Great Depression berakhir?

Kebijakan moneter The Fed berakhir pada awal musim panas 1932. Diiringi dengan adanya pemilihan presiden baru pada November 1932, terpilihlah Roosevelt untuk memimpin negara Amerika. Proses pemulihan ekonomi berjalan cukup lambat karena adanya kebijakan moneter yang kurang tepat, secara umum dikatakan bahwa Perang Dunia II memberikan stimulus yang membawa ekonomi Amerika keluar dari kondisi ekonomi yang mengerikan.

(econlib.org)


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍