GWM

Definisi GWM

Giro Wajib Minimum (GWM) dana yang harus disimpan bank dalam bentuk saldo rekening giro yang ditempatkan di Bank Indonesia. Besaran GWM ditetapkan oleh bank sentral yang didasarkan pada persentase dana pihak ketiga yang dihimpun perbankkan.

merdeka.com

Fungsi GWM

GWM berfungsi sebagai instrumen moneter untuk mengatur uang beredar di masyarakat yang secara langsung memiliki pengaruh terhadap indeks inflasi.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Jenis GWM

Indonesia menerapkan tiga jenis kebijakan GWM sebagai instrumen kebijakan moneter, berikut adalah tiga jenis kebijakan GWM:

路 GWM Primer

GWM Primer adalah simpanan minimum dalam rupiah yang wajib dipelihara bank dalam rekening giro Bank Indonesia yang besarannya ditetapkan dalam rasio terhadap dana pihak ketiga yang dihimpun perbankan.

路 GWM Sekunder

GWM Sekunder merupakan cadangan minimum rupiah yang wajib dipelihara bank berupa surat berharga, seperti Sertifikat Bank Indonesia, Sertifikat Deposito Bank Indonesia dan Surat Berharga Negara yang besarannya ditetapkan dalam rasio terhadap dana pihak ketiga.

路 GWM Loan to Funding Ratio (LFR)

GWM LFR adalah GWM berdasarkan rasio kredit seluruh penghimpunan dana bank, yaitu simpanan minimum rupiah yang wajib dipelihara bank dalam bentuk rekening giro di bank Sentral sebesar persentase tertentu yang dihitung berdasarkan selisih realisasi LFR dan LFR target yang ditetapkan Bank Indonesia.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 馃攳