• Produk
  • Promo
  • Artikel

Gilda

Kumpulan pengusaha sejenis, didirikan untuk saling membantu dan melindungi semua anggotanya (guild; gild).

Otoritas Jasa Keuangan

Gilda adalah serikat pengrajin atau saudagar yang dibentuk guna memantau kegiatan usaha atau perniagaan mereka di daerah tertentu.

Wikipedia

Apa itu Gilda?

Gilda atau serikat adalah asosiasi pengrajin atau pedagang yang mengawasi praktik kerajinan atau perdagangan mereka di wilayah tertentu. Jenis gilda yang paling awal terbentuk sebagai konfraternitas para pedagang, yang biasanya beroperasi di satu kota dan mencakup satu perdagangan tunggal. 

Mereka terorganisir sedemikian rupa antara asosiasi profesional, serikat pekerja, atau kartel. Mereka kadang-kadang bergantung pada hibah surat paten dari raja atau penguasa lain untuk menegakkan aliran perdagangan kepada anggota wiraswasta mereka, dan untuk mempertahankan kepemilikan alat dan pasokan bahan, tetapi umumnya diatur oleh pemerintah kota.

Sejarah Gilda

Jenis gilda dikenal di zaman Romawi. Dikenal sebagai collegium, collegia atau corpus, ini adalah kelompok pedagang terorganisir yang berspesialisasi dalam kerajinan tertentu dan yang keanggotaan kelompoknya bersifat sukarela. Salah satu contohnya adalah corpus naviculariorum, perguruan tinggi pengirim jarak jauh yang berbasis di pelabuhan La Ostia Roma. Serikat Romawi gagal untuk selamat dari runtuhnya Kekaisaran Romawi.

Di kota-kota abad pertengahan, pengrajin cenderung membentuk asosiasi berdasarkan perdagangan mereka, kerahasiaan pekerja tekstil, tukang batu, tukang kayu, pemahat, pekerja kaca, yang masing-masing mengendalikan rahasia teknologi yang secara tradisional memberikan "seni" atau "misteri" dari kerajinan mereka. Biasanya para pendiri adalah pengrajin ahli independen yang mempekerjakan mereka yang masih belajar (atau pekerja baru).

Ada beberapa jenis gilda pada masa lalu, termasuk dua kategori utama gilda pedagang dan gilda pengrajin selain itu, ada juga gilda reliji atau agama. Perserikatan dimulai pada Abad Pertengahan Tinggi ketika para pengrajin bersatu untuk melindungi kepentingan bersama mereka.

Konsekuensi ekonomi dari gilda telah menyebabkan perdebatan sengit antara sejarawan ekonomi. Di satu sisi, para sarjana mengatakan bahwa karena gilda pedagang bertahan lama, mereka pasti merupakan lembaga yang efisien (karena lembaga yang tidak efisien mati). Yang lain mengatakan mereka bertahan bukan karena mereka menguntungkan seluruh ekonomi tetapi karena mereka menguntungkan pemilik, yang menggunakan kekuatan politik untuk melindungi mereka.

Di era masa kini organisasi profesional mereplikasi struktur dan operasi serikat pada masa lalu. Profesi seperti arsitektur, insinyur, geologi, dan profesi-profesi lainnya memerlukan waktu “belajar” yang bervariasi sebelum seseorang dapat memperoleh sertifikasi "profesional". Sertifikasi ini memiliki bobot hukum yang besar: sebagian besar negara membuatnya menjadi prasyarat untuk berlatih di sana.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kartel

Kartel / kar·tel / /kartél/ n 1 organisasi perusahaan besar (negara dan sebagainya) yang memproduksi barang yang sejenis; 2 Man persetujuan sekelompok perusahaan dengan maksud mengendalikan harga komoditas tertentu

Selengkapnya

Pedagang

Perseorangan atau perusahaan yang mempunyai hubungan kerja sama dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit untuk menerima kartu kredit bank tersebut sebagai sarana pembayaran atas barang dan atau jasa yang diperjualbelikan oleh perusahaan tersebut (merchant).

Selengkapnya

Pasar

1. tempat umum untuk menjual dan membeli barang; 2. bertemunya penjual dan pembeli barang atau jasa, tidak selalu harus ada tempat secara fisik, misalnya pasar uang (market).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo