• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Gaji

“upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.”

“balas jasa yang diterima pekerja dalam bentuk uang berdasarkan waktu tertentu.”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Gaji?

Gaji kerap disamakan dengan istilah upah, namun pengertian gaji sesungguhnya berbeda dengan upah jika dilihat dari konteksnya. Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Di Indonesia sendiri ukuran gaji biasanya dilakukan dalam periode per bulan.

Jika menilik dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, biaya yang dikeluarkan untuk gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi dari bisnis, maka dari itu biaya gaji juga kerap disebut sebagai biaya personil. Dan dalam pembukuan akuntansi, biaya-biaya gaji ini dicatat dalam akun gaji.

Lalu, apa yang membedakan antara gaji dan upah?

Perbedaan Gaji dan Upah

Berbeda dengan gaji yang bersifat tetap setiap bulannya dan akan terus diterima selama periode kerja, nilai dari upah umumnya telah disepakati di awal. Banyak perusahaan swasta yang memberlakukan sistem perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), dan karyawan kontrak inilah yang mendapat imbalan upah, bukan gaji. Hal inilah yang membedakan antara gaji dan upah.

Sistem Upah atau Gaji dalam Ilmu Ekonomi

Meskipun berbeda secara konteks, pengaturan gaji dalam undang-undang diatur dalam perundang-undangan terkait upah. Untuk mengetahui bagaimana sistem gaji, berikut adalah sistem upah dalam ilmu Ekonomi:

  1. Sistem upah menurut waktu, besarnya upah atau gaji didasarkan pada lama bekerja seseorang. Satuan waktu dapat dihitung per jam, per hari, per minggu, atau per bulan.
  1. Sistem upah menurut satuan hasil, besarnya upah atau gaji didasarkan pada jumlah barang yang dihasilkan oleh seseorang. Satuan untuk menghitung hasil kerja bisa berbentuk per potong barang, per satuan panjang, atau per satuan berat.
  1. Sistem upah borongan, besarnya upah atau gaji ditentukan berdasarkan atas kesepakatan antara pemberi kerja dan pekerja.
  1. Sistem upah partisipasi atau biasa disebut upah bonus, sistem upah bonus adalah pembayaran tambahan di luar upah atau gaji yang ditujukan untuk mendorong (memberi insentif) agar pekerja dapat menjalankan tugasnya lebih baik dan lebih bertanggung jawab, dengan harapan keuntungan lebih tinggi.
  1. Sistem mitra usaha, pembayaran upah atau gaji sebagian diberikan dalam bentuk saham perusahaan, tetapi saham tersebut tidak diberikan kepada perorangan melainkan pada organisasi pekerja di perusahaan tersebut.
  1. Sistem upah skala berubah atau sliding scale, pemberian upah atau gaji didasarkan pada skala hasil penjualan yang selalu berubah. Jika terjadi peningkatan hasil penjualan maka jumlah balas jasa yang dibayarkan akan bertambah dan sebaliknya.

Istilah Terkait Gaji Lainnya

  • Gaji Bersih: gaji yang diterima oleh pekerja (pegawai) setelah dikurangi potongan; gaji yang dibayar (tunai) setelah dikurangi dengan semua potongan;
  • Gaji Bulanan: gaji yang dibayar sebulan sekali;
  • Gaji Buta: gaji yang diterima dengan tidak usah bekerja;
  • Gaji Kotor: gaji yang tercatat sebelum dikurangi potongan;
  • Gaji Pokok: komponen dasar penghasilan seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menghitung komponen lainnya, seperti tunjangan keluarga, tunjangan perumahan, dan insentif; upah dasar (yang belum ditambah dengan tunjangan lain);
  • Menggaji: membayar (memberi) gaji, mempekerjakan orang dengan membayar gaji.
  • Gajian: hari pembayaran gaji; menerima gaji yang digaji
  • Penggajian: proses, cara, perbuatan membayar gaji (upah dan sebagainya)

Sumber: Kamus Besar Bahasa Indonesia

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Rekening

“n: hitungan pembayaran (uang berlangganan, uang sewa, dan sebagainya);”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo