Funding

Definisi Funding

Uang yang diberikan oleh pemerintah atau organisasi untuk untuk tujuan tertentu.

Cambridge Business English Dictionary Definition

Apa itu Funding?

Funding adalah tindakan menyediakan sumber daya untuk membiayai kebutuhan, program, atau proyek. Meskipun biasanya dalam bentuk uang, Funding bisa juga dalam bentuk usaha atau waktu dari suatu organisasi atau perusahaan. Umumnya, istilah ini digunakan ketika perusahaan menggunakan cadangan internalnya untuk memenuhi kebutuhannya akan uang tunai, sedangkan istilah pembiayaan digunakan ketika perusahaan memperoleh modal dari sumber eksternal.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tujuan Funding

Penelitian / Research Funding : Alokasi funding biasanya diberikan berdasarkan per proyek, departemen, atau lembaga yang berasal dari ruang lingkup penelitian atau proyek. Pendanaan penelitian dapat dibagi menjadi commercial funding dan non-commercial funding, dimana commercial research funding disediakan oleh departemen penelitian dan pengembangan suatu perusahaan. Sedangkan non-commercial research funding diperoleh dari badan amal, dewan penelitian, atau lembaga pemerintah

Bisnis / Business Launch : Funding biasanya diberikan kepada entrepreneur atau individu yang memiliki ide bisnis namun tidak mampu menyediakan dana yang dibutuhkan. Dengan bantuan funding, proyek bisnis dapat direalisasikan oleh individu tersebut.

Investasi / Investment funding : Perusahaan pengelola funding mengumpulkan uang dari banyak investor dan menggunakannya untuk membeli sekuritas. Dana ini dikelola oleh manajer investasi profesional, yang dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi dengan risiko yang lebih rendah melalui diversifikasi aset.

Metode Funding

Pemerintah : Pemerintah menyediakan bantuan funding baik secara langsung ataupun melalui lembaga pemerintah untuk proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat melalui proses seleksi. Contohnya adalah bantuan dana bagi pengusaha UMKM.

Crowdfunding : Crowdfunding memanfaatkan akses untuk jaringan yang lebih luas seperti media sosial serta web khusus crowdfunding dengan tujuan menyatukan investor-investor di luar koneksi tradisional seperti keluarga, teman ataupun kerabat.

Investor : Menarik investor untuk menyuntikkan funding ke proyek dengan cara menawarkan serta menjelaskan keuntungan yang didapatkan apabila proyek berhasil dijalankan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍