Franco

Definisi Franco

Syarat-syarat penyerahan barang dalam penentuan harga yang menyatakan semua ongkos sampai di tempat yang disebut ditanggung penjual (franco).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Franco?

Franco memiliki arti bebas, gratis, full servis, dan lain sebagainya yang memiliki arti serupa. Dalam hal ini, harga yang dibebankan pada pembeli sudah mencakup semua biaya, mulai dari pengemasan, pengiriman, hingga ongkos bongkar barang. Umumnya barang yang dipesan dengan sistem franco telah dibongkar sebelumnya di gudang pembeli.

Sistem ini diberlakukan kebanyakan terkait barang atau perdagangan dari luar negeri yang memiliki ongkos bea masuk, pajak, biaya angkut dari pelabuhan ke gudang, biaya bongkar barang, pengemasan, hingga ongkos pengiriman. Namun franco seringkali juga dipakai untuk distribusi barang secara domestik. 

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Keuntungan Sistem Franco

Dalam sistem franco, pembeli seolah mendapatkan servis penuh dengan menyetujui biaya yang dibebankan penjual di awal, tanpa perlu merepotkan segala jenis pembayaran dan urusan bea cukai yang diperlukan. Pembeli tinggal menunggu barang yang dipesan sampai ditujuan.

Franco masih banyak dipakai oleh banyak perusahaan, karena dapat menekan ongkos kirim suatu barang. Pada umumnya, keterangan Franco dicantumkan pada bagian keterangan akhir surat penawaran barang.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍