Ethereum

Definisi Ethereum

Ethereum adalah blockchain terdesentralisasi dengan sumber terbuka yang memiliki fungsi smart contract.

Apa itu Ethereum?

Ethereum adalah platform blockchain yang memiliki fungsi untuk mengirimkan cryptocurrency dalam biaya yang kecil. Meskipun istilah Ethereum sering tertukar dengan Ether, mereka memiliki definisi yang berbeda. Ether adalah cryptocurrency yang digunakan dalam platform Ethereum.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Perbedaan Ethereum dan Bitcoin

Ethereum dibuat berdasarkan inovasi dari Bitcoin, tentunya dengan beberapa perbedaan yang besar. Keduanya menyediakan penggunaan uang digital tanpa penyedia pembayaran atau ban, namun Ethereum dapat diprogram sehingga dapat digunakan untuk beragam aset digital yang berbeda – bahkan Bitcoin.

Ethereum lebih dari sekadar pembayaran, tetapi juga merupakan pasar layanan keuangan, game, dan aplikasi yang tidak dapat menyensor maupun mencuri data.

Pengguna bisa menarik Ether sebagai uang tunai dengan menggunakan Crypto Exchange, dimana cryptocurrency akan ditukarkan untuk flat currency atau kurs yang diisukan oleh pemerintah. Mata uang yang digunakan biasanya Dollar ataupun Euro.

Ethereum Transaction / Transaksi Ethereum

Transaksi Ethereum adalah instruksi yang ditandatangani secara kriptografis dari akun dan akan memulai transaksi untuk memperbarui status jaringan Ethereum. Transaksi Ethereum dilakukan oleh akun milik eksternal, atau akun yang dikelola oleh manusia bukan kontrak.

Contohnya, jika A mengirim 2 ETH ke B, akun A harus didebit dan akun B harus dikredit. Transaksi akan terjadi apabila status akun keduanya telah berubah.

Token Ethereum

Token yang digunakan dalam Ethereum diberi nama ERC atau Ethereum Request for Comment. Tiap token memiliki fungsi serta ketentuan yang berbeda.

  • ERC-1155 :Token dapat digunakan untuk membuat token yang fungible, yang menawarkan utilitas dalam bentuk mata uang di berbagai platform. ERC-1155 merupakan inovasi dari ERC-20 dan ERC-721.
  • ERC-20 : Token bersifat fungible atau dapat ditukar, artinya masing-masing identik dan dapat ditukar dengan mudah .
  • ERC-223 : ERC-223 adalah perluasan dari ERC-20, yang dibuat sebagai solusi untuk bug atau kekurangan dari ERC-20
  • ERC-721 : Token yang bersifat non-fungible (NFT) atau tidak dapat dipertukarkan karena memiliki karakteristik unik sehingga membedakannya dari token lainnya.
  • ERC-777 : Seperti ERC-20, token ini memfasilitasi interaksi perdagangan token yang rumit dan membantu menghilangkan ambiguitas di sekitar desimal, pencetakan, dan pembakaran. ERC-777 menggunakan fitur khusus yang efektif yang disebut hook.
  • ERC-827 : Token ekspansi ERC-20 ini memungkinkan pengguna Ethereum untuk mengirimkan mata uang dan data, serta memungkinkan token untuk diotorisasi untuk dibelanjakan oleh perusahaan pihak ketiga on-chain lainnya.
  • ERC-884 : Setiap token ini mendefinisikan bagian tertentu di perusahaan Delaware, menurut standar David Sag, yang dirancang untuk transaksi ekuitas, dan pemilik token harus masuk whitelist yang merupakan metode yang dibangun ke dalam smart contract.
  • ERC-948 : Token ini adalah protokol token Ethereum baru yang dirancang untuk menghubungkan bisnis berlangganan dengan pelanggan dan memungkinkan transaksi berbasis subscription atau langganan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍