• Produk
  • Promo
  • Artikel

Emisi

Penerbitan surat berharga untuk dijual oleh suatu perusahaan kepada umum (issue).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Emisi?

Emisi adalah proses menawarkan sekuritas untuk mengumpulkan dana dari investor. Perusahaan dapat menerbitkan obligasi atau saham kepada investor sebagai metode pembiayaan bisnis. Istilah "emisi" juga mengacu pada serangkaian saham atau obligasi yang telah ditawarkan kepada publik dan biasanya berkaitan dengan seperangkat instrumen yang dirilis di bawah satu penawaran.

Penerbitan sekuritas mempunyai beragam bentuk. Perusahaan mungkin memiliki emisi baru, di mana mereka merilis sekuritas untuk pertama kalinya, atau masalah musiman, di mana perusahaan yang sudah mapan menawarkan saham tambahan. Secara umum, emisi cenderung merujuk pada penawaran tertentu. Misalnya, jika perusahaan menjual sekelompok obligasi 10 tahun kepada publik, set obligasi itu akan disebut sebagai satu emisi tunggal.

Jika sebuah perusahaan membutuhkan modal untuk bertahan dalam bisnis, maka perusahaan tersebut memiliki opsi untuk mendapatkan pendanaan melalui penjualan saham atau menerbitkan obligasi. Dalam penawaran saham sekunder, dewan direksi (BOD) memberikan suara untuk menerbitkan lebih banyak saham dan meningkatkan jumlah saham yang tersedia di pasar untuk diperdagangkan. Hasil penjualan saham tambahan kepada publik pun langsung masuk ke perusahaan.

Demikian juga, jika bisnis ingin memindahkan utang yang ada dan membuat utang baru pada saat yang sama, mereka pun harus memutuskan untuk menerbitkan obligasi. Perusahaan meminjam uang dari investor dan membayarnya dengan bunga. Bunga adalah biaya yang dapat dikurangkan dari pajak yang mengurangi biaya pinjaman perusahaan.

Faktor-faktor dalam Penerbitan Emisi

Perusahaan perlu mempertimbangkan tujuan bisnis ketika memutuskan apakah akan menjual saham atau menerbitkan emisi. Mengeluarkan saham atau emisi untuk mendapatkan modal bagi proyek guna mengubah struktur modal perusahaan yang terdiri dari hutang dan ekuitas. Seberapa berat struktur perusahaan dalam hutang atau modal menentukan biaya modal bagi perusahaan. Biaya penerbitan utang adalah tingkat bunga yang harus dibayarkan perusahaan penerbit secara berkala kepada investor dan pemberi pinjaman. Biaya penerbitan ekuitas adalah pembayaran dividen. Menemukan keseimbangan yang baik antara kedua jenis sekuritas dapat membantu perusahaan menghindari membayar biaya modal yang tinggi.

Uang dari saham tidak perlu dilunasi, juga bunga (atau dividen) tidak perlu dibayar seperti halnya dengan obligasi. Karena setiap masalah saham mengubah kepemilikan investor di perusahaan, ada batasan berapa banyak saham yang bisa dikeluarkan perusahaan karena dilusi menjadi masalah.

Namun, korporasi dapat menerbitkan emisi selama investor bersedia bertindak sebagai pemberi pinjaman. Karena perusahaan dapat membayar kepada pemegang obligasi tingkat bunga yang lebih rendah dan mempertahankan kendali yang lebih besar atas pendanaan, menerbitkan emisi lebih murah daripada meminjam dari bank. Emisi tidak mengubah kepemilikan atau operasi perusahaan yang dimiliki saat menjual saham. Pembukuan lebih mudah dilakukan oleh pemegang emisi, karena semua emisi dengan penerbitan yang sama mendapatkan tingkat bunga yang sama dan memiliki tanggal jatuh tempo yang sama. Penawaran emisi juga lebih fleksibel daripada penerbitan saham.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Surat Berharga Negara (SBN)

“adalah Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)”

Selengkapnya

Sekuritas

/se·ku·ri·tas/

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo