Emas Dinar

Definisi Emas Dinar

Emas : logam mulia berwarna kuning yang dapat ditempa dan dibentuk, biasa dibuat perhiasan seperti cincin, kalung (lambangnya Au, nomor atomnya 79, bobot atomnya 196,9665); logam adi; aurum : uang; harta duniawi; : uang suap; : sesuatu yang tinggi mutunya (berharga; bernilai)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dinar : n kl mata uang emas lama n kl satuan mata uang Aljazair, Bahrain seperti Irak, Kuwait, Tunisia, Yaman Selatan, Yordania (lihat lampiran)

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Emas Dinar? Kepingan koin emas murni yang pada zaman dahulu digunakan sebagai alat tukar dalam bertransaksi. Berdasarkan hukum syari’ah islam, dinar adalah emas murni yang memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce berpedoman pada Open Mithqal Standard (OMS) yang dikenal sebagai standar Nabawi dalam menentukan berat dan ukuran dinar modern. World Islamic Mint (WIM), mengikuti pendapat Syaikh Yusuf Qardhawi, menetapkan 1 dinar memiliki berat 4,25 gram[5]. Ketentuan berat 1 dinar = 4,25 gram ini diikuti oleh beberapa pihak seperti Kerajaan Kelantan di Malaysia, Wakala Induk Nusantara di Indonesia, dan Gerai Dinar di Indonesia. Kepingan koin Dinar dibuat dengan gambar-gambar menarik sehingga biaya produksinya cukup tinggi, menjadikan dinar lebih mahal dibandingkan emas batangan dengan berat dan kandungan emas yang sama. Di Indonesia Dinar dianggap pemerintah sebagai perhiasan, sehingga dikenakan pajak sebesar 10 persen. Selain sebagai alternatif investasi, dinar juga dipakai sebagai mahar pernikahan, hadiah, hingga pembayaran zakat.

money.kompas.com

Kandungan Emas Dinar Emas koin Dinar Au 91,7% Emas koin Dinar dengan kandungan emas 91,7% atau 22 karat Emas koin Dinar Fine Gold 99,99% Emas koin Dinar dengan kandungan emas 99,99% atau 24 karat Berat emas koin Dinar tersedia dari bobot 1 dinar (4,25 gram), ½ dinar, ¼ dinar, 2 dinar, dan 4 dinar

money.kompas.com

Jenis Koin Emas Dinar Koin emas Dinar di distribusikan oleh beberapa pihak dan dicetak dengan desain yang berbeda-beda. Jenis koin emas Dinar yang sudah dicetak saat ini: Dinar Dubai Koin emas Dinar dengan desain masjid Nabawi di Madinah yang dicetak oleh Uni Emirat Arab. Dinar Kelantan Koin emas Dinar dengan desain simbol wilayah bagian Kelantan dan telah menjadi mata uang resmi selain ringgit di wilayah Kelantan. Dinar Wakala Induk Nusantara Koin emas Dinar yang dicetak oleh Wakala Induk Nusantara dengan 2 seri Dinar: Seri Haji dan Seri Nusantara. Desain Seri Haji mirip dengan Dinar Dubai. Selain itu Wakala Induk Nusantara juga mengedarkan koin emas Dinar Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Ternate. Dinar IMN IMN merupakan yang pertama kali memperkenalkan dan mencetak koin emas Dinar di Indonesia pada tahun 2000. Dinar Logam Mulia Koin emas Dinar dengan desain masjidil Haram di Mekah yang dicetak oleh PT Logam Mulia. Dinar 24 Karat Koin emas Dinar dengan desain hanya tulisan yang memiliki kadar 24 karat yang dicetak oleh PT Logam Mulia. Dinar Perhimpunan BMT Indonesia Emas Dinar Batangan atau Dinarbar dengan satuan berat 4,444 gram dan dengan kemurnian 9999 yang dicetak oleh Perkumpulan Baitul Maal wat Tamwil seluruh Indonesia. Dinar Logam Mulia Nusantara Logam Mulia Nusantara merupakan grup usaha pengembang Dinar dan Dirham di Indonesia yang menggunakan Dinar dan Dirham sebagai alat transaksi dan investasi.

id.wikipedia.org

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍