• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Ekuitas

/eku·i·tas/

"n: kepemilikan dalam bentuk nilai uang."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Perbedaan antara nilai suatu harta yang dapat dijual dari tagihan (equity)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Ekuitas?

Ekuitas adalah hak pemilik terhadap aset perusahaan setelah dikurangi liabilitas (kewajiban) dalam neraca. Ekuitas juga diartikan sebagai modal atau kekayaan entitas bisnis, dihitung dengan jumlah aset dikurangi dengan liabilitas.

Ekuitas = Aset - Liabilitas

Istilah ekuitas berasal dari kata equity atau equity of ownership yang memiliki arti sebagai kekayaan bersih perusahaan.

Jenis-jenis Ekuitas

Berikut ini adalah jenis-jenis ekuitas, yaitu:

  1. Modal disetor. Modal disetor adalah jumlah uang yang disetor oleh pemilik atau pemegang saham. Modal disetor dibagi ke dalam 2 jenis, yaitu modal saham dan agio/disagio saham (additional paid-in capital).
  2. Laba tidak dibagi (retained earning). Laba tidak dibagi atau saldo laba ditahan adalah kumpulan laba dari tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi sebagai dividen.
  3. Modal penilaian kembali. Modal penilaian kembali adalah selisih nilai buku lama dengan nilai buku baru.
  4. Modal sumbangan. Modal sumbangan adalah modal yang diperoleh perusahaan karena memperoleh aset yang berasal dari sumbangan.
  5. Modal lain-lain. Contoh modal lain-lain adalah modal dari cadangan pelunasan obligasi dan lain sebagainya yang tidak dikategorikan dalam empat kategori di atas.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Neraca

/ne·ra·ca/

Selengkapnya

Harta

"n barang (uang dan sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang."

Selengkapnya

Modal

"n uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya: ia menanam --nya dalam perusahaaan itu."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo