• Produk
  • Promo
  • Artikel

Ekspansi

"n: perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki (sebagian atau seluruhnya) wilayah ne gara lain; perluasan daerah: dalam Perang Dunia II beberapa negara Asia Tenggara telah menjadi sasaran politik -- Jepang."

"n (Fis): pemuaian (khususnya gas dan uap): -- gas terjadi apabila gas itu kita panaskan."

"n (Ek): perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain; 2. peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha (expansion)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Ekspansi?

Ekspansi adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan menjadi lebih besar, atau bisa juga menjadi lebih luas. Kata ‘ekspansi’ dalam Bahasa Indonesia merupakan naturalisasi dari kata ‘expand’ dalam bahasa Inggris, di mana kata ini sendiri merupakan serapan dari bahasa latin ‘expandere’ yang bermakna ‘menyebar’.

Lebih lanjut, ekspansi memiliki arti yang bermacam-macam, tergantung pada konteks. Pada konteks ilmu fisika, ekspansi didefinisikan sebagai proses pemuaian yang dialami oleh elemen uap dan gas.

Definisi Ekspansi dalam Bisnis

Secara umum, pengertian definisi dalam bisnis adalah suatu upaya untuk memperluas atau memperbesar jaringan usaha dari suatu perusahaan, dengan tujuan untuk meningkatkan profit perusahaan tersebut di masa mendatang. Ekspansi di dalam dunia bisnis lazimnya mencakup aktivitas-aktivitas seperti:

  • Perekrutan karyawan baru
  • Perluasan fasilitas
  • Pembentukan pasar baru

Ekspansi Menurut Ahli Ekonomi

Sejumlah ahli ekonomi pun memiliki definisinya masing-masing mengenai kata ‘ekspansi’ di dalam dunia bisnis:

  • Alex S. Nitisemito, mendefinisikan ekspansi sebagai upaya dari suatu perusahaan untuk memperluas cakupan pasar dan kapasitas produksi dari perusahaan tersebut. Kondisi ini menurutnya dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan permintaan terhadap produk atau jasa yang dimiliki perusahaan
  • Bambang Riyanto, mendefinisikan ekspansi dalam bisnis sebagai kegiatan perusahaan untuk memperluas modal usaha, baik itu modal tetap maupun modal kerja dari perusahaan yang bersangkutan.
  • Enny Pudjiastuti dan Suad Husnan, mendefinisikan ekspansi sebagai aktivitas perluasan suatu usaha yang dilakukan dengan cara meningkatkan modal, meningkatkan kapasitas produksi, menambah unit untuk kebutuhan produksi, dan proses akuisisi (merger) dengan perusahaan lain

Ekspansi Pasar

Dalam dunia bisnis, dikenal juga istilah ekspansi pasar, yakni perusahaan dengan barang atau jasa yang dimiliki bermaksud untuk merambah pasar baru, mengembangkan pasar yang sudah ada di titik geografis baru, hingga menjangkau pengguna-pengguna baru yang belum pernah sama sekali menggunakan produknya.

 

 

Ikuti promo Tokopedia terbaru, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan dapatkan cashback special dan bebas ongkir hanya di akhir Juli ini, lho!

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Ekspansi Ekonomi

“perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi (economic expansion)”

Selengkapnya

Globalisasi

glo·ba·li·sa·si "n proses masuknya ke ruang lingkup dunia"

Selengkapnya

Bisnis

"n usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang: bekerja di bidang -- kepariwisataan."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo