• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Ekspansi Ekonomi

“perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi (economic expansion)”

Glosarium Bank Indonesia

"perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi (economic expansion)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Ekspansi Ekonomi?

Menilik pada kamus Bank Indonesia, pengertian ekspansi ekonomi adalah perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur. Pola konjungtur sendiri merupakan pertukaran naik turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara berganti-ganti. Umumnya, perkembangan dari ekonomi ini bisa dilihat dari berbagai macam tanda seperti kenaikan harga, meningkatnya jumlah uang yang beredar, peningkatan produksi dan juga konsumsi.

Istilah lainnya terkait Ekspansi Ekonomi

Ekspansi Bisnis

Pengertian ekspansi bisnis adalah aktivitas peningkatan ekonomi atau pertumbuhan dunia usaha (bisnis) dengan cara menciptakan pasar baru, perekrutan karyawan, penambahan fasilitas, membangun cabang baru, membeli perusahaan lain, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan usaha baik dari sisi produksi dan distribusi. Ekspansi bisnis juga dikenal dengan istilah perluasan bisnis.

 

Ekspansi Kredit

Pengertian ekspansi kredit adalah kegiatan penambahan jumlah kredit. Kredit sendiri adalah penyediaan uang atau tagihan berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sebagai imbalan.

Macam-Macam Bentuk Ekspansi Bisnis

1. Merger atau Penggabungan

Merger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya.

Jenis-jenis merger:

  1. Merger Vertikal: Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda namun beda tingkat operasional.
  2. Merger Horizontal: Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama.
  3. Merger Konglomerasi: Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis.

 

2. Akuisisi

Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar.

 

3. Hostile Take Over atau Pengambil Alihan Secara Paksa

Hostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan.

 

4. Leveraged Buy out

Leveraged buy out adalah teknik penguasaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yang digunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain. Terkadang suatu perusahaan target dapat dimiliki tanpa modal awal yang besar.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Globalisasi

glo·ba·li·sa·si "n proses masuknya ke ruang lingkup dunia"

Selengkapnya

Kebijakan Fiskal

"Kebijakan mengenai pajak, penerimaan lain, utang-piutang dan pengeluaran pemerintah dengan tujuan tertentu, seperti menunjang kestabilan ekonomi, keseimbangan moneter, peningkatan pembangunan ekonomi, dan perluasan kesempatan kerja (fiscal policy)."

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo