Ekonomi Kreatif

Definisi Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya.

Apa itu Ekonomi Kreatif?

Ekonomi kreatif adalah perekonomian yang memanfaatkan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya. Indonesia sendiri telah membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf / Barekraf) yang memfokuskan industri tersebut.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

  • Ide dan gagasan sebagai ide utama oleh pelaku ekonomi.
  • Adanya kreasi intelektual dalam sektor usahanya.
  • Kegiatan usahanya bersifat terbuka dan tidak terbatas.
  • Menghasilkan produk yang bernilai kreatif.
  • Adanya kerja sama dari berbagai pihak.
  • Memiliki konsep yang bersifat relatif dan mudah tergantikan.

Faktor Ekonomi Kreatif

1. Kreativitas dalam Sektor Ekonomi

Kreativitas yang ada dalam perekonomian biasanya memiliki tujuan untuk meningkatkan pemasukan dan hasil perekonomian, dimana objek dalam perekonomian ini umumnya berbentuk barang atau jasa kreatif hasil inovasi dan pemikiran manusia, sehingga perekonomian ini disebut sebagai ekonomi kreatif.

2. Teknologi Maju

Pemanfaatan teknologi yang maju dapat mendorong kemudahan akses dalam inovasi perekonomian kreatif

3. Tenaga Kerja

Sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas dapat menghasilkan perekonomian yang dijalankan juga akan berjalan dengan baik.

4. Kemudahan dalam Akses Komunikasi

Pengakuan dan apresiasi publik dibutuhkan oleh pelaku ekonomi ini untuk terus berkarya dan mengembangkan potensinya.

5. Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang dapat memperlihatkan berbagai informasi, serta mempermudah pemasaran.

Contoh Ekonomi Kreatif

1. Kerajinan (Craft)

Kerajinan buatan manusia seperti kerajinan tanah liat, kerajinan batu, kerajinan kayu, kerajinan barang bekas, kerajinan tangan lainnya.

2. Desain

Biasanya berupa citra atau gambar yang menunjukkan suatu keindahan atau keserasian, seperti desain poster, kartu undangan, kartu ucapan, kartu tiket, tata ruangan, dan berbagai desain lainnya.

3. Arsitektur

Contoh dari ekonomi kreatif ini adalah arsitektur bangunan, taman, mobil, motor, dan masih banyak lagi jenis arsitektur lainnya.

4. Fashion

Contoh sektor ekonomi ini yaitu seperti fashion baju wanita, fashion baju pria, fashion baju anak – anak, fashion baju adat, fashion batik, fashion jilbab, fashion tas, fashion mukenah dan berbagai macam fashion – fashion lainnya.

5. Video

Mulai dari video memasak, video perjalanan, video tutorial, video vlog, video pemasaran, hingga video ilmu pengetahuan sekarang semakin diminati oleh masyarakat.

6. Fotografi

Fotografi yang didukung dengan fasilitas serta media yang memadai tentunya dapat mendorong ekonomi kreatif, seperti foto pemandangan, foto pernikahan, foto ilustrasi, foto dokumentasi, dan berbagai macam foto lainya.

7. Game

Salah satu sarana hiburan pada era sekarang adalah game atau video game yang tidak memiliki batasan, mulai dari game teka-teki hingga yang bersifat naratif.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍