• Produk
  • Promo
  • Artikel

Dividen Saham

Dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang saham dalam bentuk saham; tujuannya untuk mempertahankan tingkat modal perusahaan; dividen ini memberikan keuntungan kepada penerimanya karena mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan (stock dividends).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Dividen Saham?

Dividen saham adalah pembayaran dividen yang dilakukan dalam bentuk saham tambahan dan bukan pembayaran tunai. Perusahaan dapat memutuskan untuk membagikan dividen jenis ini kepada pemegang saham jika ketersediaan kas tunai perusahaan terbatas. Distribusi ini umumnya diakui dalam bentuk pecahan yang dibayarkan per saham yang ada, seperti jika perusahaan mengeluarkan dividen saham 0,05 saham untuk setiap saham tunggal yang dipegang oleh pemegang saham yang ada.

Cara Kerja Dividen Saham

Dividen saham adalah distribusi saham kepada pemegang saham yang ada sebagai pengganti dividen tunai. Jenis dividen ini muncul ketika perusahaan ingin memberi penghargaan kepada investornya tetapi tidak memiliki modal untuk dibagikan atau ingin mempertahankan likuiditas yang ada untuk investasi lain. Dividen saham juga memiliki keunggulan pajak karena tidak dikenakan pajak sampai saham dijual oleh investor. Ini menjadikannya menguntungkan bagi pemegang saham yang tidak membutuhkan modal segera.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dividen

“Bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham.”

Selengkapnya

Saham

"bagian; andil; sero (tentang permodalan): --nya tertanam dalam berbagai perusahaan."

Selengkapnya

Pasar Modal

Pasar yang merupakan sarana bagi perusahaan dan pemerintah untuk memperoleh dana jangka panjang dengan cara menjual saham atau obligasi (capital market).

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo