Diversifikasi

Definisi Diversifikasi

penganekaan usaha untuk menghindari ketergantungan pada ketunggalan kegiatan, produk, jasa, atau investasi

KBBI Definition

Apa itu Diversifikasi?

Diversifikasi adalah strategi manajemen risiko yang memvariasikan jenis investasi, produk, usaha, jenis aset, dan sebagainya. Diversifikasi mengurangi potensi kerugian yang besar akibat mengandalkan hanya pada suatu produk, serta meningkatkan keuntungan dari beragam produk atau aset yang dimiliki.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tujuan Strategi Diversifikasi

Meningkatkan Perolehan Laba

Dalam bisnis, dengan banyaknya jenis produk yang dikeluarkan dalam satu waktu, maka lebih tinggi kemungkinan untuk meraup keuntungan yang lebih besar daripada hanya mengeluarkan satu produk.

Memperluas Market Share

Diversifikasi produk akan memperbanyak pilihan produk yang dapat dibeli, namun setiap pembeliantetap berkontribusi mengisi persentase market share satu perusahaan yang sama.

Mencegah Kebosanan Masyarakat Atas Suatu Produk

Diversifikasi dapat mencegah perusahaan dari mengalami penurunan profit ketika product life cycle-nya mencapai puncak atau maturity.

Personalisasi Produk Sesuai Karakteristik Target Pasar

Diversifikasi mendorong produk yang sifatnya terpersonalisasi dan menyesuaikan karakter target pasarnya sehingga lebih menarik konsumen.

Membantu Mengalahkan Kompetitor

Kombinasi penguasaan market share, inovasi, serta personalisasi produk akan membuat perusahaan lebih menguasai pasar dibandingkan kompetitor lainnya.

Jenis Strategi Diversifikasi

Diversifikasi Vertikal

Diversifikasi vertikal adalah strategi produksi barang dengan level kegunaan berbeda-beda, tapi masih bisa melengkapi/menggantikan satu sama lain. Contohnya adalah penjualan kitchen set yang dijual terpisah, sparepart kendaraan, dan lainnya.

Diversifikasi Horizontal

Diversifikasi horizontal adalah strategi produksi barang berjenis sama namun berbeda dari segi merk, ukuran, atau target pasar. Contohnya adalah produksi susu, mie instan, sabun, dan lainnya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍