Disinvestasi

Definisi Disinvestasi

"Pengurangan atau penghentian investasi, dilakukan dengan menjual pabrik dan peralatannya, atau tidak memelihara atau mengganti aktiva modal yang aus dalam penggunaannya (disinvestment)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Disinvestasi?

Disinvestasi adalah pengurangan atau penghentian investasi, dilakukan dengan menjual pabrik dan peralatannya, atau tidak memelihara atau mengganti aktiva modal yang aus dalam penggunaannya.

Disinvestasi memiliki satu arti. Disinvestasi memiliki arti dalam bidang ilmu ekonomi dan keuangan. Secara umum, kata ini jarang sekali digunakan kecuali hanya untuk di bidang ilmu saja. Disinvestasi memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga disinvestasi dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Motif Divestasi

Seseorang atau sebuah perusahaan yang melakukan divestasi tentu memiliki motif. Motif dalam melakukan divestasi antara lain sebagai berikut:

Motif Pertama

Seseorang atau sebuah perusahaan akan melakukan divestasi (menjual) bisnis atau aset yang bukan merupakan bagian dari wilayah operasional utama sehingga perusahaan dapat fokus pada area bisnis terbaik yang sedang dilakukan.

Misalnya, Eastman Kodak, Ford Motor Company, dan banyak perusahaan lainnya telah menjual berbagai usaha yang tidak terkait dengan bisnis inti yang sedang mereka jalankan.

Motif Kedua

Seseorang atau sebuah perusahaan melakukan divestasi dengan tujuan untuk membuat keuntungan. Divestasi menghasilkan keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan dengan cara divestasi, yaitu menjual bisnis.

Di samping itu, harga dari aset tersebut sedang tinggi atau mengalami kenaikan yang cukup signifikan, bahkan melebihi dari harga pasar ketimbang harga aset sebelumnya.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍