• Produk
  • Promo
  • Artikel

Disagio

"Selisih kurang antara nilai yang sebenarnya dan nilai nominal yang tercantum pada satu sekuritas atau nilai tukar alat pembayaran luar negeri atau turunnya nilai uang logam karena aus (disogio)."

Otoritas Jasa Keuangan

"a: perbedaan kurs mata uang yang mengakibatkan kerugian."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Apa itu Disagio Saham?

Disagio adalah suatu istilah dalam dunia keuangan yang berkaitan dengan laporan keuangan suatu perusahaan. Istilah Disagio sejatinya berasal dari bahasa Italia yang memiliki makna ‘pemotongan’, sama seperti kata “discount” dalam bahasa Inggris.

Melihat namanya, disagio adalah kebalikan dari agio. Agio atau agio saham adalah nilai kekayaan dari suatu perusahaan, yang mana nilai tersebut berasal dari penjualan atau penilaian saham di atas nilai nominal saham yang dimiliki perusahaan. Nilai agio saham dapat diketahui dengan cara menghitung selisih antara harga jual dan harga beli saham perusahaan tersebut.

Kontradiktif dengan agio saham, disagio saham adalah kondisi di mana terjadi selisih kurang dari setoran dari para pemegang saham di bawah nilai saham nominal, dengan catatan saham dilepas dengan nilai nominal atau harga pari.

Contoh Disagio

Misalnya perusahaan sedang dalam kondisi merugi, padahal ingin melakukan ekspansi yang mana membutuhkan dana dari para investor. Kondisi ini tentu saja tidak memungkinkan bagi perusahaan untuk dapat menjual sahamnya dengan nominal premium. Sehingga yang akan dilakukan perusahaan untuk tetap mendapatkan aliran dana adalah dengan memberikan potongan (disagio) kepada investor, yakni saham perusahaan dijual dengan harga di bawah nilai nominal atau di bawah 100 persen.

Nilai disagio diperoleh setelah mendebit selisih antara nominal saham dan kurs. Perolehan ini lantas dilaporkan kepada pemegang saham sehingga pemegang saham dapat mengurangi modal yang akan dikeluarkan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Agio Saham

"Agio Saham adalah APIC (additional paid in capital), yaitu kekayaan bersih perusahaan yang berasal dari penilaian atau penjualan saham di atas harga / nilai pari."

Selengkapnya

Nilai Nominal

"Nilai yang tercantum pada surat berharga atau instrumen keuangan lain; nilai nominal saham biasa adalah nilai nominal yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan dan tidak mempunyai hubungan atau kaitan khusus dengan kondisi keuangan perusahaan yang bersangkutan setelah tanggal pengeluaran saham tersebut; nilai nominal surat utang, misalnya obligasi, sangat berkaitan dengan kondisi keuangan karena nilai tersebut merupakan harga yang akan dibayarkan kepada pemegang obligasi pada saat jatuh tempo (at par nominal)."

Selengkapnya

Nilai Buku

"Nilai aset perusahaan yang tertera pada catatan perakunan, umumnya tidak sama dengan nilai pasar; biasanya, yang dicatat adalah harga ketika aset tersebut dibeli; setiap tahun nilai aset tersebut dikurangi atau didepresiasikan dan pengurangan nilai tersebut dibebankan pada pendapatan perusahaan; nilai buku adalah biaya dikurangi akumulasi depresiasi (book value)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo