Direktur

Definisi Direktur

Direktur / di·rek·tur / /diréktur/ n 1 pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan; 2 kepala sekolah menengah; 3 kepala direktorat (dalam departemen); 4 orang yang bertugas memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan, dan sebagainya;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Salah seorang anggota direksi, yaitu orang yang ditunjuk dan dipilih sesuai dengan anggaran dasar atau ketentuan yang berlaku untuk memimpin dan mengendalikan perusahaan (director).

Otoritas Jasa Keuangan

Direktur (dalam bentuk jamak disebut direksi atau dewan direksi; kadang disebut juga jajaran direksi atau dewan/jajaran direktur) adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin suatu lembaga perusahaan pemerintah, swasta, atau lembaga pendidikan Politeknik. Kepemimpinan lembaga perusahaan yang kemudian disebut instansi Perseroan terbatas (PT), dipimpin oleh Direktur (non-pendidikan) . Kepemimpinan lembaga pendidikan politeknik yang kemudian disebut Institusi Pendidikan politeknik, dipimpin oleh Direktur (pendidikan).

Wikipedia

Apa Itu Direktur?

Direktur adalah seseorang dari sekelompok manajer yang memimpin atau mengawasi bidang tertentu dari sebuah perusahaan. Direktur biasanya melapor langsung kepada wakil presiden atau kepada CEO secara langsung untuk memberi tahu mengenai perkembangan organisasi. Perusahaan besar juga terkadang memiliki asisten direktur atau wakil direktur. Direktur biasanya merujuk pada level eksekutif terendah dalam suatu organisasi, namun banyak juga perusahaan besar yang lebih sering menggunakan jabatan direktur. 

Direktur eksekutif setara dengan jabatan wakil presiden atau direktur senior di beberapa perusahaan. Berbagai perusahaan juga memiliki direktur regional dan direktur area. Direktur regional hadir di perusahaan yang diorganisir berdasarkan lokasi dan memiliki departemen di bawahnya. Mereka bertanggung jawab atas operasional area bagian mereka masing-masing. 

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Tugas Direktur

1. Eksternal

  • Mewakili perusahaan untuk melakukan kerjasama dengan lembaga lain dalam skala Nasional maupun Internasional.
  • Mewakili perusahaan dalam perkara pengadilan atau hukum dalam skala Nasional maupun Internasional.

2. Internal

  • Mengurus dan mengelola kepentingan perusahaan yang sesuai dengan maksud dan tujuan sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat.
  • Menjalankan kepengurusan sesuai dengan kebijakan yang tepat yang telah ditentukan dalam UU Perseroan Terbatas dan anggaran dasar di perusahaan.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍