• Produk
  • Promo
  • Artikel

Dime

Mata uang di Amerika Serikat yang mempunyai nilai sepersepuluh (1/10) dolar Amerika Serikat (dime).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Dime?

Dime adalah uang koin sepuluh sen yang digunakan di Amerika Serikat, dan setara dengan sepersepuluh dolar Amerika Serikat. Denominasi ini pertama kali diotorisasi oleh Coinage Act tahun 1792. Dime adalah uang logam terkecil dalam diameter dan paling tipis dari semua koin yang saat ini dicetak untuk diedarkan di Amerika Serikat. Bagian depan dari Dime saat ini menggambarkan profil Presiden Franklin D. Roosevelt dan sebaliknya menggambarkan cabang zaitun, obor, dan cabang pohon ek, masing-masing dari kiri ke kanan.

Kata Dime berasal dari kata Prancis dîme, yang berarti "persepuluhan" atau "bagian kesepuluh", dari bahasa Latin [pars]. Di masa lalu, harga kadang-kadang telah dikutip lewat simbol, seperti dime disingkat "d" atau huruf kecil "d" dengan garis miring (₫) seperti dengan tanda cent dan mill. Pada 2019, Dime adalah satu-satunya koin Amerika Serikat dalam sirkulasi umum yang tidak dalam mata uang dolar atau sen.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Uang Logam

“Mata uang yang terbuat dari bahan logam, seperti emas, perak, tembaga, aluminium, perunggu, dan suasa, diterbitkan oleh pemerintah dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah yang berhak menerbitkan uang (termasuk uang logam) di Indonesia adalah Bank Indonesia.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo