• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Devisa

"n: alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Dana devisa yang dibentuk oleh pemerintah atau bank central melalui jual beli suatu mata uang untuk mempengaruhi kurs valuta sebagai salah satu cara pengawasan devisa (exchange equalization fund)."

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Devisa?

Devisa adalah kumpulan valuta asing yang berfungsi sebagai medium pembiayaan transaksi perdagangan antarnegara (perdagangan internasional). Pada definisi yang lain, devisa dapat diartikan sebagai nilai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dalam bentuk mata uang asing, yang mana nilai kekayaan tersebut perlu diakui oleh secara global oleh negara-negara lainnya.

Perlu digarisbawahi, tidak semua mata uang di dunia dapat dikatakan sebagai nilai devisa dari suatu negara. Pasalnya, yang bisa dikatakan sebagai devisa adalah mata uang asing yang beredar di negara tersebut, pun memiliki catatan kurs resmi di bank sentral negara yang bersangkutan.

Contoh Devisa

Sebagai contoh, di Indonesia. Mata uang asing yang bisa dijadikan nilai devisa adalah mata uang seperti Dollar (Amerika), Yen (Jepang), Yuan (Tiongkok), Euro (negara-negara eropa), dan Poundsterling (Inggris). Sementar mata uang dari negar seperti Honduras tidak bisa dijadikan nilai devisa negara Indonesia oleh karena mata uang tersebut  belum memiliki catatan kurs resmi di Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia.

Selain mata uang asing, devisa suatu negara bisa berbentuk emas, maupun surat-surat berharga yang dapat digunakan sebagai alat transaksi pembayaran internasional.

Fungsi Devisa

Selain sebagai alat transaksi antar-negara, juga menjadi semacam indikator kuat atau lemahnya perekonomian suatu negara. Agar lebih jelas, fungsi devisa negara adalah sebagai berikut:

Alat Transaksi Perdagangan Internasional

Fungsi devisa negara yang pertama adalah alat pembayaran perdagangan internasional. Sebagai contoh, Pemerintah Indonesia hendak membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari negara Rusia. Pemerintah RI akan menggunakan devisa negara untuk membiayai pembelian alutsista tersebut dari Rusia.

Alat Pembayaran Utang

Di samping sebagai alat pembayaran pengadaan barang luar negeri, devisa juga akan digunakan pemerintah untuk membayar cicilan utang luar negeri. Pengelolaan devisa yang baik sangat diperlukan agar devisa tak hanya dipakai untuk membayar utang, tetapi juga bisa dialokasikan ke hal-hal lainnya di internal negara, seperti pembangunan nasional.

Membangun Relasi Internasional

Tak hanya sebagai alat pembayaran, fungsi devisa juga mencakup aktivitas hubungan (relasi) internasional dengan negara-negara sahabat. Misalnya untuk membiayai perjalanan dinas ke luar negeri bagi para pejabat negara. Kantor perwakilan suatu negara seperti Kedutaan Besar juga dibiayai oleh devisa guna menjalankan fungsinya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Globalisasi

glo·ba·li·sa·si "n proses masuknya ke ruang lingkup dunia"

Selengkapnya

Ekspansi Ekonomi

“perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur yang ditandai oleh kenaikan harga, peningkatan jumlah uang beredar, produksi, dan konsumsi (economic expansion)”

Selengkapnya

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo