• Produk
  • Promo
  • Artikel

Devaluasi

“Penurunan nilai uang yang dilakukan dengan sengaja terhadap uang luar negeri atau terhadap emas (misalnya untuk memperbaiki perekonomian).”

"/de·va·lu·a·si/ "

Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Penurunan nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain; biasanya devaluasi terhadap mata uang dilakukan dalam rangka pelaksanaan kebijakan moneter (devaluation).”

Bank Indonesia

Apa itu Devaluasi?

Penurunan nilai mata uang suatu negara dengan secara sengaja oleh pemerintahan terhadap nilai mata uang asing. Singkatnya adalah nilai mata uang suatu negara menjadi di bawah rata-rata nilai mata uang asing.

Keadaan devaluasi ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian suatu negara, terutama pada kegiatan perdagangan internasional.

Tujuan Devaluasi

Dengan menurunkannya nilai mata uang negara pastinya pemerintah mempunyai rancangan atau tujuan seperti berikut:

  • Menguatkan perekonomian dalam negeri dengan menggunakan produk lokal sehingga produk lokal dapat bersaing di dalam dan di luar negeri
  • Setelah produk dalam negeri mempunyai kualitas yang cukup baik maka dari itu tujuan selanjutnya adalah untuk mengekspor produk lokal agar pendapatan negara bertambah atau dapat memperbaiki balance of payment
  • Tercapainya kesetimbangan balance of payment, sehingga kurs mata uang asing menjadi relatif stabil

Faktor Penyebab Devaluasi

Seperti yang telah dibahas secara singkat terkait pengertian devaluasi di atas, bahwasannya keadaan tersebut akan menyebabkan nilai tukar mata uang lokal menjadi lebih kecil. Kondisi ini dapat mempengaruhi kondisi perekonomian nasional dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Devaluasi sendiri sangat dipengaruhi oleh perilaku masyarakat di mana kegiatan impor menjadi faktor utama penyebabnya. Volume impor yang tinggi terhadap barang-barang dari luar negeri, terutama apabila tidak diimbangi dengan kegiatan ekspor yang cukup akan mengakibatkan semakin meningkatnya permintaan konversi nilai mata uang lokal menjadi mata uang asing, dari rupiah ke dollar misalnya.

Jika permintaan tersebut semakin tinggi, maka kurs beli dollar akan naik dan nilai rupiah semakin turun yang juga berdampak pada terjadinya inflasi. Oleh sebab itu, kebijakan devaluasi dikeluarkan oleh pemerintah sebagai salah satu bentuk penanggulangan untuk menstabilkan perekonomian suatu negara.

Secara ringkas berikut ini adalah penyebab devaluasi mata uang:

  • Kegiatan impor yang tinggi (bahan pokok, elektronik, dan kebutuhan lainnya)
  • Kegiatan ekspor hanya pada bahan pangan dan biota laut
  • Tingginya tingkat pengangguran di suatu negara

Contoh Devaluasi di Indonesia

Devaluasi mata uang dapat terjadi apabila pemerintah memiliki kontrol terhadap nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing. Hal ini lebih mungkin untuk dilakukan ketika nilai tukar Rupiah bersifat tetap (fixed exchange rate). Dalam sejarah Indonesia, devaluasi Rupiah terjadi sebanyak empat kali dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto:

  1. Devaluasi pada 21 Agustus 1971 dengan Menteri Keuangan Ali Wardhana. Indonesia terpaksa harus mendevaluasi Rupiah karena Presiden Richard Nixon di Amerika Serikat waktu itu menghentikan pertukaran dolar dengan emas. Devaluasi Rupiah yang terjadi adalah dari Rp378 menjadi Rp415.
  2. Devaluasi pada 15 November 1978 dengan Menteri Keuangan Ali Wardhana. Adanya risiko kebangkrutan Pertamina dengan hutang senilai US$ 10 miliar memaksa pemerintah untuk melakukan devaluasi Rupiah yang kedua dari Rp415 menjadi Rp625 per US$ 1.
  3. Devaluasi pada 30 Maret 1983 oleh Menteri Keuangan Radius Prawiro. Devaluasi Rupiah yang dilakukan adalah sebanyak 48%, dari Rp702,5 menjadi Rp970.
  4. Devaluasi pada 12 September 1986 oleh Menteri Keuangan Radius Prawiro. Devaluasi yang dilakukan adalah sebesar 47%, dari Rp1.134 menjadi Rp1.664.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Valuta Asing

"N mata uang asing yang digunakan dalam perdagangan internasional."

Selengkapnya

Mata Uang

"Uang dari logam."

Selengkapnya

Ilmu Ekonomi

"n: ilmu tentang produksi, distribusi, dan konsumsi barang, serta berbagai masalah yang bersangkutan dengan itu, seperti tenaga kerja, pembiayaan, dan keuangan;ilmu pengetahuan tentang kegiatan sosial manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diperoleh dari lingkungannya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo