• Produk
  • Promo
  • Artikel

Defisiensi

Penurunan nilai dan aktiva sehingga nilainya lebih rendah daripada harga belinya atau lebih rendah dari uang yang dipinjam untuk membeli aset tersebut; dalam likuidasi dapat diartikan sebagai tidak terbayarnya seluruh kewajiban meskipun seluruh aset telah habis dijual (asset deficiency).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Defisiensi?

Defisiensi adalah sebuah situasi dimana kewajiban perusahaan melebihi asetnya. Defisiensi adalah tanda keuangan yang sedang mengalami kesulitan dan menunjukkan bahwa perusahaan dapat melalaikan kewajibannya kepada kreditor. Jika defisiensi aset berlanjut, perusahaan mungkin menuju kebangkrutan.

Defisiensi aset juga dapat menyebabkan perusahaan perusahaan yang diperdagangkan sahamnya untuk umum dikeluarkan dari bursa. Perusahaan mungkin saja secara sukarela dihapuskan dari bursa karena gagal memenuhi standar keuangan minimum yang sudah ditentukan. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pailit

"debitur yang mempunyai dua atau lebih kreditur dan tidak membayar sedikitnya satu utang yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih, dinyatakan pailit dengan putusan pengadaan yang berwenang, baik atas permohonannya sendiri maupun atas permintaan seorang atau lebih krediturnya; apabila debitur merupakan bank, permohonan pernyataan pailit hanya dapat diajukan oleh Bank Indonesia; sin. bangkrut (bankrupt)."

Selengkapnya

Bursa

"Tempat untuk memperjualbelikan sekuritas, valuta asing, atau barang yang dilakukan secara teratur (bourse)."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo