• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Debitur

Debitur / de·bi·tur / /débitur/ n orang atau lembaga yang berutang kepada orang atau lembaga lain

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pihak yang menerima kredit atau pinjaman (debtor).

Otoritas Jasa Keuangan

Debitur adalah pihak yang berhutang ke pihak lain, biasanya dengan menerima sesuatu dari kreditur yang dijanjikan debitur untuk dibayar kembali pada masa yang akan datang. Pemberian pinjaman kadang memerlukan juga jaminan atau agunan dari pihak debitur. Jika seorang debitur gagal membayar pada tenggat waktu yang dijanjikan, suatu proses koleksi formal dapat dilakukan yang kadang mengizinkan penyitaan harta milik debitur untuk memaksa pembayaran.

Wikipedia

Apa Itu Debitur?

Debitur adalah sebutan bagi perusahaan atau individu yang berhutang uang kepada lembaga lain. Jika utang dalam bentuk pinjaman dari lembaga keuangan, maka debitur disebut sebagai peminjam. Lain halnya jika utang dalam bentuk sekuritas, maka debitur disebut sebagai penerbit. Secara hukum, seseorang yang dengan sukarela menyatakan kebangkrutan juga dianggap sebagai debitur.

Dalam kebangkrutan, debitur dapat memilih untuk membayar utang dalam prioritas yang dipilih. Tetapi, jika masih tetap gagal dalam membayar hutangnya, mereka telah melanggar perjanjian dengan kreditor. Sebagian besar hutang yang terkait dengan bisnis harus dibuat secara tertulis agar dapat diselesaikan oleh hukum. 

Jika seorang debitur gagal membayar hutang, kreditor punya jalan lain untuk menagihnya. Jika utang didukung oleh agunan, seperti hipotek dan kredit mobil yang masing-masing didukung oleh rumah dan mobil, kreditor dapat mencoba untuk mengambil alih agunan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Selengkapnya

Lembaga Keuangan

“Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menanamkannya dalam bentuk aset keuangan lain, misalnya kredit, surat-surat berharga, giro, dan aktiva produktif lainnya; yang termasuk dalam lembaga keuangan adalah bank dan lembaga keuangan nonbank (financial institution).”

Selengkapnya

Instrumen Utang

Warkat yang berisi pernyataan tertulis tentang kesanggupan untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu, misalnya surat aksep, promes, dan obligasi (debt instrument).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo