• Produk
  • Promo
  • Artikel

Dana Untuk Pinjaman

Dana yang tersedia dalam bank yang dapat dipergunakan untuk keperluan pemberian pinjaman kepada pihak ketiga (loanable fund).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa itu Dana untuk Pinjaman?

Dalam ekonomi, dana untuk pinjaman merupakan teori tingkat bunga pasar. Menurut pendekatan ini, tingkat bunga ditentukan oleh permintaan dan penawaran dana pinjaman. Istilah dana untuk pinjaman mencakup semua bentuk kredit, seperti pinjaman, obligasi, atau tabungan.

Dana pinjaman mengacu pada modal keuangan yang tersedia untuk berbagai peminjam individu dan institusi. Misalnya, peminjam individu termasuk pemilik rumah yang mengambil hipotek, sementara peminjam institusional dapat berupa obligasi yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan yang meminjam langsung dari bank. Layanan perbankan dan keuangan sangat bergantung pada dana pinjaman untuk meminjamkan kepada peminjam dengan bunga. Bunga ini secara signifikan meningkatkan margin laba dari entitas-entitas ini, sementara juga meningkatkan bisnis. Setiap lembaga keuangan memiliki beberapa sumber pendanaan.

Dana pinjaman memperluas teori klasik, yang menentukan tingkat bunga semata-mata dengan menabung dan berinvestasi, dalam hal ini menambah kredit bank. Jumlah total kredit yang tersedia dalam suatu perekonomian dapat melebihi tabungan pribadi karena sistem bank berada dalam posisi untuk menciptakan kredit dari udara kosong. Oleh karena itu, tingkat bunga ekuilibrium (atau pasar) tidak hanya dipengaruhi oleh kecenderungan untuk menabung dan berinvestasi tetapi juga oleh penciptaan atau penghancuran uang kertas dan kredit.

Jika sistem bank meningkatkan kredit, setidaknya akan sementara menurunkan tingkat bunga pasar di bawah tingkat alami. Wicksell telah mendefinisikan tingkat alami sebagai tingkat bunga yang kompatibel dengan tingkat harga yang stabil. Penciptaan kredit dan penghancuran kredit menyebabkan perubahan tingkat harga dan tingkat kegiatan ekonomi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Pinjaman Lunak

“Fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang; fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, seperti IBRD, OECF untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang; biasanya, pinjaman lunak tersebut berjangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun, selama masa tenggang hanya membayar bunga dan biaya pelayanan negara berkembang dengan pendapatan per kapita rendah dan negara berkembang yang mempunyai masalah dalam neraca pembayaran akan memperoleh fasilitas dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari jadwal pembayaran yang lebih ringan (soft loan).”

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo