• Produk
  • Promo
  • Artikel

Dana Moneter Internasional

Lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan konferensi ekonomi di Bretton Woods pada 1944, untuk meningkatkan kerja sama moneter internasional serta memelihara dan meningkatkan keseimbangan lalu lintas pembayaran internasional di antara anggotanya (International Monetary Fund/IMF).

Otoritas Jasa Keuangan

Dana Moneter Internasional (DMI; bahasa Inggris: International Monetary Fund; IMF) adalah organisasi internasional beranggotakan 189 negara yang bertujuan mempererat kerja sama moneter global, memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan internasional, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia.

Wikipedia

Apa Itu Dana Moneter Internasional?

Dana Moneter Internasional dibentuk pada tahun 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, dan diresmikan pada tahun 1945 dengan 29 negara anggota. Sejak awal, DMI bertujuan untuk menata ulang sistem pembayaran internasional. Negara anggota menyumbangkan dana cadangan dengan sistem kuota, yang nantinya dapat dipinjam oleh negara yang mengalami kesulitan dalam neraca pembayaran. Hingga 2010, dana cadangan DMI mencapai US$755,7 miliar.

Lewat dana cadangan tersebut yang dibantu dengan aktivitas lain seperti pencatatan statistik dan analisis, pengawasan ekonomi negara anggota, dan tuntutan kebijakan tertentu, DMI berupaya untuk memperbaiki ekonomi negara-negara anggotanya. Kini, DMI memiliki 189 negara anggota, dan berpusat di Washington D.C. DMI juga memfasilitasi perdagangan internasional, mendorong perluasan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, serta membantu mengurangi kemiskinan global.

Tujuan Utama Dana Moneter Internasional

  • Mendorong kerjasama moneter internasional;
  • Memfasilitasi perluasan dan pertumbuhan perdagangan internasional yang seimbang;
  • Mendorong stabilitas nilai tukar;
  • Membantu pembentukan sistem pembayaran multilateral; dan
  • Menyediakan sumber bantuan (yang disertai dengan sistem safeguard yang memadai) kepada negara anggota yang mengalami masalah necara pembayaran.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

International Finance Corporation

lembaga keuangan internasional, didirikan sebagai afiliasi bank dunia dengan tujuan membantu pembiayaan pembangunan negara-negara anggota yang belum maju melalui pemberian pinjaman dan atau penyertaan pada sektor swasta (International Finance Corporation - IFC).

Selengkapnya

Bank for International Settlement (BIS)

Organisasi Internasional yang didirikan pada 1930 di Basel, Swiss, bertujuan menjalin hubungan kerja sama antara bank sentral di seluruh dunia dalam mengembangkan aktivitas keuangan pemerintah, melayani transaksi pembayaran, dan bertindak sebagai penjamin IMF yang memberikan pinjaman kepada negara berkembang (Bank for International Settlement/BIS).

Selengkapnya

Bank Dunia

"Lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan konferensi di Bretton Woods pada 1944 dengan tujuan membantu rekonstruksi dan pembangunan ekonomi negara-negara anggotanya serta memajukan investasi swasta dan perdagangan internasional (World Bank International Bank for Reconstruction and Development/IBPD)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo