• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Dana Kas Kecil

Dana yang disediakan untuk kebutuhan pembiayaan sehari-hari yang jumlahnya tidak besar, misalnya biaya telegram, pos, mobil, transportasi, dan keperluan perlengkapan kecil lain; bukti setiap pengeluaran dibukukan, secara periodik biaya kas kecil dianalisis dan dibebankan pada berbagai akun biaya; sementara itu, bukti (voucher) tersebut dipelihara sebagai bagian dari kas kecil (petty cash fund).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Dana Kas Kecil?

Dana kas kecil adalah sejumlah dana yang dibentuk khusus oleh perusahaan untuk pengeluaran yang bersifat rutin dan jumlahnya relatif kecil. Biasanya kas kecil digunakan untuk mendanai pengeluaran-pengeluaran seperti dana entertain klien, dana konsumsi rapat, transportasi, dan lain sebagainya.

Dana kas kecil ini biasanya dipercayakan kepada seorang karyawan yang khusus mengelola dana tersebut. Karyawan ini disebut dengan kasir kas kecil. 

Tujuan Dana Kas Kecil

Dana kas kecil dibuat dengan tujuan sebagai berikut:

  • Membeli perlengkapan kantor yang habis dan butuh dibeli dalam waktu yang cepat.
  • Mempercepat aktivitas perusahaan jika membutuhkan dana yang mendadak dan tidak terencana sebelumnya.
  • Meringankan staf karyawan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan termasuk relasi bisnis pimpinan.

Metode dalam Kas Kecil

Ada dua metode yang digunakan dalam pencatatan dana kas kecil, yaitu sebagai berikut: 

  1. Metode Tetap (Imprest Fund System)
    Metode tetap adalah metode pembukuan kas kecil yang rekening kas kecilnya selalu tetap. Jika terjadi pengeluaran kas, kasir kas kecil tidak langsung mencatatnya, tetapi hanya mengumpulkan bukti transaksi pengeluarannya.
  1. Metode Fluktuasi (Fluctuating Fund System)
    Metode fluktuasi adalah metode pengisian dan pengendalian kas kecil yang jumlah kas kecilnya akan selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Dalam metode ini, jumlah nominal kas kecil tidak ditetapkan, karena akan disesuaikan dengan kebutuhan. 

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Kas

Uang kartal yang tersedia bagi suatu usaha terdiri atas uang kertas bank dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah; dalam perusahaan bukan bank, cek, wesel, dan surat berharga lain yang dapat segera dijadikan uang diperhitungkan juga sebagai kas (cash).

Selengkapnya

Pembukuan

“Pencatatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berisi setiap transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan (bookkeeping).”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo