• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Daftar Hitam

Daftar Hitam / daf·tar hi·tam / n daftar nama orang atau organisasi yang dianggap membahayakan keamanan atau daftar nama orang yang pernah dihukum karena melakukan kejahatan

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Daftar nama nasabah perseorangan atau perusahaan yang terkena sanksi karena telah melakukan tindakan tertentu yang merugikan bank dan masyarakat, misalnya seseorang atau perusahaan yang melakukan penarikan cek kosong (black list).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Daftar Hitam?

Dalam konteks keuangan, daftar hitam adalah daftar yang dibuat oleh Bank Indonesia jika seorang nasabah melakukan penarikan cek kosong. Nama mereka akan dicatat dalam Daftar Hitam Nasional (DHN). Jika tercatat dalam DHN, maka nasabah tersebut terkena sanksi penutupan rekening, atau bahkan bisa dituntut tindakan pidana.

Kini, masyarakat lebih familiar dengan BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang mencatat data para debitur yang bermasalah. SLIK merupakan suatu sistem yang dapat mengumpulkan berbagai informasi mengenai fasilitas kredit yang dilaporkan secara rutin dari beberapa lembaga keuangan. SLIK dapat mengetahui informasi dan profil dari calon nasabah yang akan mengajukan kredit, apakah nasabah tersebut menunggak pada bank lainnya atau tidak.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Bank Indonesia

"Bank sentral Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang berlaku.."

Selengkapnya

Analisis Kredit

“Orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk menilai kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.”

Selengkapnya

Otoritas Jasa Keuangan

"Lembaga independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang berfungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo