Crowdfunding

Definisi Crowdfunding

Apa itu Crowdfunding?

Crowdfunding adalah penggunaan sejumlah kecil modal dari sejumlah besar individu untuk membiayai usaha bisnis baru. Crowdfunding memanfaatkan aksesibilitas yang mudah dari jaringan luas orang melalui media sosial dan situs web crowdfunding untuk menyatukan investor dan pengusaha, dengan potensi untuk meningkatkan kewirausahaan dengan memperluas kumpulan investor di luar lingkaran tradisional pemilik, kerabat, dan pemodal ventura.

Di sebagian besar yurisdiksi, batasan berlaku untuk siapa yang dapat mendanai bisnis baru dan berapa banyak mereka diizinkan untuk berkontribusi. Mirip dengan pembatasan investasi hedge fund, peraturan ini seharusnya melindungi investor yang tidak canggih atau tidak kaya agar tidak terlalu membahayakan tabungan mereka. Karena begitu banyak bisnis baru yang gagal, investor mereka menghadapi risiko tinggi kehilangan pokoknya. 

promo
promo
promo
promo
promo
promo

Manfaat Crowdfunding bagi Investor

Banyak proyek crowdfunding berbasis penghargaan; investor dapat berpartisipasi dalam peluncuran produk baru atau menerima hadiah atas investasi mereka. Misalnya, pembuat sabun baru yang terbuat dari lemak bacon dapat mengirimkan batangan gratis kepada setiap investornya. Video game adalah investasi crowdfunding yang populer bagi para gamer, yang sering kali menerima salinan game terlebih dahulu sebagai hadiah.

Crowdfunding berbasis ekuitas semakin populer karena memungkinkan perusahaan start-up mengumpulkan uang tanpa menyerahkan kendali kepada investor modal ventura. Hal ini juga menawarkan investor kesempatan untuk mendapatkan posisi ekuitas dalam usaha tersebut.


promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍