Chief Operating Officer (COO)

Definisi Chief Operating Officer (COO)

Apa Itu Chief Operating Officer (COO)?

Chief Operating Officer (COO) adalah eksekutif senior yang bertugas mengawasi fungsi administrasi dan operasional sehari-hari dari bisnis. COO biasanya melapor langsung ke Chief Executive Officer (CEO) dan dianggap sebagai yang kedua dalam rantai komando. Di beberapa perusahaan, COO dikenal dengan istilah lain, seperti "wakil presiden eksekutif operasional", "kepala operasional", atau "direktur operasional".

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Peran Chief Operating Officer (COO)

COO terutama berfokus pada pelaksanaan rencana bisnis perusahaan, sesuai dengan model bisnis yang ditetapkan, sedangkan CEO lebih mementingkan tujuan jangka panjang dan pandangan perusahaan yang lebih luas. Dengan kata lain, CEO menyusun rencana, sedangkan COO melaksanakannya.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan mengalami penurunan pangsa pasar, CEO mungkin meminta peningkatan kendali kualitas, untuk memperkuat reputasinya di antara pelanggan. Dalam kasus ini, COO dapat melaksanakan mandat CEO dengan menginstruksikan departemen sumber daya manusia untuk mempekerjakan lebih banyak personel kendali mutu. COO juga dapat memulai peluncuran lini produk baru, dan mungkin juga bertanggung jawab untuk produksi, penelitian dan pengembangan, serta pemasaran.

Bergantung pada preferensi CEO, COO sering menangani urusan internal perusahaan, sedangkan CEO berfungsi sebagai wajah publik perusahaan, dan dengan demikian menangani semua komunikasi yang menghadap ke luar.

Dalam banyak kasus, seorang COO secara khusus dipilih untuk melengkapi keahlian dari CEO yang sedang menjabat. Dalam situasi kewirausahaan, COO seringkali memiliki pengalaman yang lebih praktis daripada CEO pendiri, yang mungkin memiliki konsep yang sangat baik, tetapi tidak memiliki pengetahuan awal untuk meluncurkan perusahaan dan mengelola tahap awal perkembangannya. Akibatnya, COO sering merancang strategi operasi, mengkomunikasikan kebijakan kepada karyawan, dan membantu sumber daya manusia (SDM) membangun tim inti.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Mau cari istilah lain? 🔍