Chief Marketing Officer (CMO)

Definisi Chief Marketing Officer (CMO)

Apa Itu Chief Marketing Officer (CMO)

Chief Marketing Officer (CMO) adalah eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab atas aktivitas dalam organisasi yang berkaitan dengan menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, atau mitra bisnis.

Misi utama CMO adalah memfasilitasi pertumbuhan dan meningkatkan penjualan dengan mengembangkan rencana pemasaran komprehensif yang akan mempromosikan pengenalan merek dan membantu organisasi mendapatkan keunggulan kompetitif. Untuk mencapai tujuan mereka sendiri dan secara efektif membentuk profil publik perusahaan mereka, CMO harus menjadi pemimpin yang luar biasa dan mengambil suara pelanggan di seluruh perusahaan. CMO biasanya melapor kepada CEO atau Chief Operating Officer (COO), dan memegang gelar lanjutan dalam bisnis dan pemasaran.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Peran Chief Marketing Officer (CMO)

Secara spesifik, CMO adalah eksekutif yang bertanggung jawab mengembangkan strategi untuk periklanan dan branding perusahaan, serta penjangkauan pelanggan. Sebagai posisi pemasaran paling senior dalam organisasi, dia mengawasi fungsi-fungsi ini di semua lini produk dan geografi perusahaan. Merupakan tugas CMO untuk:

  • Memahami posisi perusahaan di pasar, menggunakan metode tradisional, serta teknologi yang lebih baru seperti analitik data;
  • Menentukan bagaimana dan dimana perusahaan harus diposisikan di masa depan;
  • Mengembangkan strategi untuk mendorong organisasi ke posisi pasar di masa depan;
  • Mengeksekusi strategi tersebut.

Pekerjaan CMO diharapkan memberikan hasil terbaik, dengan upaya pemasaran yang meningkatkan kesadaran merek, pengakuan, dan loyalitas yang pada akhirnya akan mengarah pada peningkatan penjualan.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Mau cari istilah lain? 🔍