Chief Financial Officer (CFO)

Definisi Chief Financial Officer (CFO)

Apa Itu Chief Financial Officer?

Seorang chief financial officer (CFO) adalah eksekutif senior yang bertanggung jawab untuk mengelola tindakan keuangan perusahaan. Tugas CFO termasuk melacak arus kas dan perencanaan keuangan serta menganalisis kekuatan dan kelemahan keuangan perusahaan dan mengusulkan tindakan korektif.

Peran CFO mirip dengan bendahara atau pengawas karena mereka bertanggung jawab untuk mengelola divisi keuangan dan akuntansi dan untuk memastikan bahwa laporan keuangan perusahaan akurat dan diselesaikan tepat waktu.

Peran Chief Financial Officer (CFO)

CFO melapor kepada Chief Executive Officer (CEO) tetapi memiliki masukan yang signifikan dalam investasi perusahaan, struktur modal, dan bagaimana perusahaan mengelola pendapatan dan pengeluarannya. CFO bekerja dengan manajer senior lainnya dan memainkan peran kunci dalam keseluruhan kesuksesan perusahaan, terutama dalam jangka panjang.

Misalnya, ketika departemen pemasaran ingin meluncurkan kampanye baru, CFO dapat membantu memastikan kampanye tersebut layak atau memberikan masukan tentang dana yang tersedia untuk kampanye tersebut.

CFO dapat membantu CEO dengan prediksi, analisis biaya, dan memperoleh pendanaan untuk berbagai inisiatif. Dalam industri keuangan, CFO adalah posisi peringkat tertinggi, dan di industri lain, biasanya posisi tertinggi ketiga di sebuah perusahaan. CFO bisa menjadi CEO, Chief Operating Officer, atau presiden perusahaan.


Mau cari istilah lain? 🔍