Chief Executive Officer (CEO)

Definisi Chief Executive Officer (CEO)

Apa Itu Chief Executive Officer (CEO)?

Seorang Chief Executive Officer (CEO) adalah eksekutif dengan peringkat tertinggi di sebuah perusahaan, yang tanggung jawab utamanya termasuk membuat keputusan perusahaan besar, mengelola keseluruhan operasi dan sumber daya perusahaan, bertindak sebagai titik komunikasi utama antara dewan direksi (the board) dan operasi perusahaan dan menjadi wajah publik perusahaan. Seorang CEO dipilih oleh dewan dan pemegang sahamnya.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Peran Chief Executive Officer (CEO)

Peran CEO bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya tergantung pada ukuran, budaya, dan struktur perusahaan perusahaan. Di perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan keputusan yang mengarahkan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Di perusahaan kecil, CEO sering kali lebih aktif dan terlibat dengan fungsi sehari-hari. CEO dapat mengatur nada, visi, dan terkadang budaya organisasi mereka.

Dampak Perubahan Chief Executive Officer (CEO)

Ketika seorang CEO baru mengambil alih sebuah perusahaan, harga sahamnya dapat berubah karena berbagai alasan. Namun, tidak ada korelasi positif antara kinerja saham dan pengumuman CEO baru.

Namun, perubahan CEO umumnya membawa lebih banyak risiko penurunan daripada kenaikan, terutama jika hal itu tidak direncanakan. Harga saham bisa naik atau turun berdasarkan persepsi pasar tentang kemampuan CEO baru untuk memimpin perusahaan, misalnya. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat berinvestasi di saham yang mengalami perubahan manajemen termasuk agenda CEO yang akan datang; apakah dia akan mengubah strategi perusahaan menjadi lebih buruk; dan seberapa baik manajemen perusahaan mengelola fase transisi.

Investor cenderung lebih nyaman dengan CEO baru yang sudah akrab dengan dinamika industri perusahaan, dan tantangan spesifik yang mungkin dihadapi perusahaan. Biasanya, investor akan menilai rekam jejak CEO baru dalam menciptakan nilai pemegang saham. Reputasi CEO dapat tercermin dalam bidang-bidang seperti kemampuan untuk menumbuhkan pangsa pasar, mengurangi biaya, atau memperluas ke pasar baru.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Mau cari istilah lain? 🔍