• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Cek Silang

Cek yang di halaman mukanya diberi dua garis sejajar yang ditarik dari sisi kiri bawah ke sisi kanan atas tanpa keterangan apa pun (silang umum) atau memuat tanda petik nama bank (silang khusus) di antara kedua garis itu (crossed cheque).

Otoritas Jasa Keuangan

Cek Silang atau cross cheque merupakan cek yang dipojok kiri atas diberi dua tanda silang. Cek ini sengaja diberi silang, sehingga fungsi cek yang semula tunai berubah menjadi non tunai atau sebagai pemindahbukuan.

Wikipedia

Jenis Cek Silang

  • Cek Silang Umum

Cek silang umum biasanya diberikan tanda dua garis sejajar yang di antaranya tidak terdapat petunjuk/nama suatu bank. Maka, cek tersebut hanya dapat dibayar oleh bank pembayar kepada nasabah bank pembayar yang menyerahkan cek tersebut.

  • Cek Silang Khusus

Jika terdapat instruksi yang ditulis di antara dua garis sejajar dalam cek, maka cek silang tersebut merupakan cek silang khusus.

Perlu diketahui bahwa cek silang umum dapat diubah menjadi cek silang khusus, namun cek silang khusus tidak dapat dilakukan perubahan menjadi cek silang umum.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Buku Cek

“Buku berisi sejumlah formulir cek yang dikeluarkan oleh bank untuk digunakan sebagai alat penarik dan akun nasabah (cheque book).”

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo