• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cek Perjalanan

Alat pembayaran semacam cek, diciptakan untuk orang bepergian dan dapat diuangkan pada kantor-kantor bank yang mengeluarkan atau pada pihak-pihak yang ditunjuk; dapat dibayar oleh perusahaan yang mengeluarkannya dan dijual dengan angka nominal tertentu dan dijamin dari kehilangan atau pencurian; cek tadi diterima sebagai pengganti uang tunai oleh para pedagang, dapat dicairkan di kantor-kantor tertentu (travellers check; traveler’s cheque).

Otoritas Jasa Keuangan

Keuntungan Cek Perjalanan

  • Cek perjalanan meminimalisir resiko perampokan dan kehilangan uang.
  • Cek perjalanan dapat digunakan untuk turis, baik turis asing maupun domestik.
  • Praktis dan mudah untuk digunakan.
  • Jika perjalanan telah selesai dan cek perjalanan tidak lagi digunakan, maka dapat dikembalikan kepada bank penerbit, dan sisa uang yang tidak terpakai dapat diambil lagi oleh pemegang cek perjalanan.

Ciri-ciri Cek Perjalanan

  1. Cek perjalanan tidak dibatasi waktu, atau tergantung dari bank yang menerbitkan cek tersebut.
  2. Nilai yang terkandung dalam cek telah tercetak dalam bentuk pecahan seperti 10, 20, 50, 100, hingga 500 dolar Amerika Serikat.
  3. Tidak dikenakan bea meterai.
  4. Tanda tangan harus dibubuhkan dua kali, sekali pada saat membeli cek dan sekali lagi saat cek akan diuangkan. Kedua tanda tangan dilakukan di depan petugas yang berwenang.
  5. Cek hanya ditandatangani oleh satu orang yang berhak.
  6. Uang yang ada di dalam cek bukan berasal dari dana yang tersimpan di bank.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Buku Cek

“Buku berisi sejumlah formulir cek yang dikeluarkan oleh bank untuk digunakan sebagai alat penarik dan akun nasabah (cheque book).”

Selengkapnya

Kartu Kredit

“Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit sebagaimana telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit; dalam melaksanakan pembayaran kembali kredit tersebut, pemegang kartu tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran sekaligus, tetapi diberikan kelonggaran untuk membayar secara angsuran dengan tingkat bunga tertentu dan nilai angsuran sebesar persentase tertentu dari saldo kredit yang telah, digunakan (credit card).”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo