• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cek Mundur

Cek yang mencantumkan tanggal penarikannya pada masa mendatang; cek tersebut tidak boleh dibayarkan oleh bank sebelum tanggal yang tercantum tiba (post-dated cheque).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cek Mundur?

Cek mundur merupakan cek yang ditulis oleh drafter (pembayar) untuk tanggal di masa depan. Penerima cek mundur baru bisa mencairkan cek tersebut sesuai dengan tanggal yang tertera di dalam cek. Hal ini biasanya terjadi karena ada kesepakatan antara si pemberi cek dan penerima cek, salah satu alasannya bisa saja si pemberi cek belum memiliki dana saat cek diberikan ke penerima cek.

Misalnya, Andi menerima cek dari Budi pada tanggal 14 Januari 2018, namun dalam cek tersebut tertulis tanggal 21 Januari 2018. Berarti, Andi baru bisa mencairkan cek tersebut kepada bank tanggal 21 Januari 2018.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cek

"Tanda berupa coretan atau yang serupa pada sesuatu yang menyatakan bahwa sesuatu itu telah diverifikasi; 2. perintah tertulis nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah tertentu atas namanya atau atas unjuk (cheque)."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Jatuh Tempo

“Batas waktu pembayaran atau penerimaan sesuatu dengan yang telah ditetapkan; sudah lewat waktunya; kedaluwarsa.”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo