CDO (Cease and Desist Order)

Definisi CDO (Cease and Desist Order)

Perintah yang dikeluarkan oleh otoritas moneter atau instansi yang berwenang dalam rangka pembinaan terhadap bank untuk melakukan langkah perbaikan terhadap kegiatan operasionalnya setelah mendengar pertimbangan berbagai pihak; CDO adalah singkatan dari cease and desist order.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu CDO?

CDO atau yang biasa disebut dengan Cease and Desist Order adalah perintah yang diberikan oleh pengadilan dari sisi legalitas. Perusahaan atau individu dapat meminta pengadilan untuk mengeluarkan CDO karena sejumlah alasan. CDO berfungsi sebagai perintah sementara. Pihak yang menerima CDO harus menghentikan apa yang mereka lakukan sampai persidangan dapat diselenggarakan. Setelah persidangan, pengadilan dapat mengeluarkan perintah pengadilan permanen yang memerintahkan agar kegiatan tersebut dihentikan secara permanen.

Sebagai contoh, seorang tokoh masyarakat khawatir dia akan difitnah atau "dicemarkan nama baiknya," dalam sebuah buku yang akan diterbitkan. Dia dapat mengajukan petisi kepada pengadilan untuk menghentikan proses penerbitan sampai sidang dapat diadakan untuk menentukan apakah buku tersebut berisi pernyataan fitnah tentang orang tersebut. Setelah persidangan semacam itu, hakim dapat menentukan bahwa buku tersebut tidak memenuhi standar pencemaran nama baik dan memungkinkan publikasi untuk dilanjutkan, atau ia dapat mengeluarkan perintah permanen pada buku dalam bentuk saat ini.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍