• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cashback

"A system in which banks or businesses encourage people to buy something by giving them money after they have bought it:"

Cambridge Dictionary

“[tak terhitung, terhitung] sejumlah uang yang ditawarkan pada orang yang membeli produk atau jasa tertentu;.”

Kamus Oxford

Apa itu Cashback?

Cashback adalah hadiah uang tunai atau bisa berupa poin yang diberikan oleh suatu perusahaan setelah seseorang melakukan pembelian barang atau jasa di perusahaan tersebut.

Cashback merupakan variasi dari strategi pemasaran untuk menggaet lebih banyak pengguna selain potongan harga/diskon dan bonus. Jika diskon memberikan potongan harga di awal langsung saat pembelian, hadiah tunai atau poin dari cashback dapat memberikan potongan harga pada saat pembeli melakukan pembelian selanjutnya.

Pada awalnya, istilah cashback sering ditemukan saat bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit. Ketika pengguna melakukan transaksi dengan kartu kredit yang dimilikinya, dia akan mendapatkan hadiah poin sebesar sekian persen. Setelah terakumulasi dalam jumlah tertentu, poin tersebut dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Seiring dengan berkembangannya transaksi jual beli online, skema cashback kian hari juga semakin populer. Banyak pelaku industri digital menawarkan cashback untuk setiap pembelian barang atau jasa. Hal ini tentunya memberikan banyak keuntungan terutama pada sisi konsumen.

Kelebihan Cashback

Bagi pembeli, skema cashback dapat menghemat pengeluaran, terutama untuk transaksi berulang seperti pembayaran tagihan bulanan. Pada kesempatan pembelian berikutnya, pembeli dapat berhemat karena bisa membayar dengan cashback yang sudah dikumpulkan. Bahkan seringkali berpotensi untuk mendapatkan cashback kembali.

Skema promosi cashback memberikan keuntungan bagi perusahaan karena bisa menjaga konsumen untuk terus bertransaksi di tempat yang sama. Hal ini dikarenakan hadiah uang tunai atau poin yang didapatkan biasanya hanya bisa dipakai di perusahaan terkait. Berbeda dengan diskon, tidak ada jaminan konsumen untuk melakukan transaksi kembali karena potongan harga diberikan di awal.

Simulasi Cashback

Sebuah perusahaan memberikan promosi cashback sebesar 5% untuk setiap pembelian token listrik. Dengan memanfaatkan promo tersebut, Rendra melakukan pembelian token listrik seharga Rp100.000. Setelah pembelian berhasil, Rendra mendapatkan hadiah cashback sebesar Rp5.000 yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi harga pembelian produk yang dibeli selanjutnya di perusahaan tersebut.

Skema cashback bisa berbeda-beda untuk tiap program dan perusahaan. Biasanya terdapat batas minimal pembelian dan syarat cara pembelian untuk mendapatkannya. Maka dari itu penting sekali untuk membaca semua syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan pembelian dan menggunakan promo tersebut.

Jenis-Jenis Cashback

Terdapat banyak sekali jenis cashback yang saat ini ada di sekitar kita, yang paling umum digunakan adalah jenis cashback berikut:

  1. Cashback Kartu Kredit, adalah satu program atau strategi dari pihak bank tertentu yang akan memberikan keuntungan berupa pengembalian sejumlah uang jika berhasil melakukan transaksi tertentu atau berhasil mencapai nilai transaksi tertentu.

  2. Cashback Kartu Debit, yaitu cashback yang diberikan setiap bertransaksi menggunakan kartu debit.

  3. Cashback Toko Online, adalah program yang dikeluarkan oleh marketplace atau online shop berupa kupon potongan harga atau sejumlah uang yang bisa dipakai untuk pembelian selanjutnya.

  4. Cashback Reward, yaitu cashback bukan berupa senilai uang tunai, melainkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu.

  5. Cashback properti
    adalah sejumlah benefit atau keuntungan yang diberikan oleh suatu developer atau pengembang properti jika konsumen mau melakukan pembelian atas properti yang dijual, seperti ruko, rumah, apartemen, dll. Benefit tersebut biasanya berbentuk barang pelengkap properti seperti AC, kulkas, TV, bahkan motor atau mobil.

  6. Cashback kendaraan bermotor
    adalah benefit atau keuntungan yang diberikan oleh perusahaan leasing atas pembelian kendaraan bermotor di perusahaannya. Umumnya benefit yang diberikan adalah barang seperti handphone, laptop, tablet, dll.

  7. Cashback kolaborasi
    adalah jenis Cashback dimana seluruh pihak yang terlibat menyuarakan pendapat dan keinginannya, sehingga terjalin kolaborasi kepentingan dan keinginan untuk bisa mendapatkan solusi terbaik.

  8. Cashback dominasi
    adalah jenis Cashback yang akan menguntungkan salah satu pihak saja dan pihak lainnya tidak banyak mendapatkan keuntungan.

  9. Cashback akomodasi
    Adalah Cashback dimana setiap pihak yang melakukan Cashback hanya akan mendapatkan keuntungan yang sedikit, bahkan bisa saja pihak lawan mendapatkan keuntungan yang banyak.

  10. Cashback lose-lose
    adalah Cashback yang dilakukan untuk tidak melanjutkan konflik atau konflik baru. Jadi, setiap pihak akan memilih untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin

Cashback di Tokopedia

Sebagai perusahaan internet terdepan di Indonesia, Tokopedia senantiasa memberikan promo-promo menarik demi kenyamanan pengguna. Salah satunya adalah dengan adanya promo cashback. Dapatkan cashback dari berbagai macam transaksi di Tokopedia sekarang mulai dari transaksi jual beli online, produk digital, hingga produk finansial.

Tujuan Cashback

Sistem cashback diberlakukan sebagai strategi marketing agar pembeli atau konsumen bersedia mengeluarkan uangnya kembali untuk berbelanja produk yang dikehendaki di toko yang dikehendaki. Konsumen atau pembeli akan merasa mereka bisa lebih menghemat uang pada pembelian selanjutnya, sementara pihak penjual akan mendapatkan pelanggan yang loyal untuk toko onlinenya.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Harga

“Nilai barang yang ditentukan atau dirupakan dengan uang: mobil ini sangat mahal --nya;jumlah uang atau alat tukar lain yang senilai, yang harus dibayarkan untuk produk atau jasa, pada waktu tertentu dan di pasar tertentu.”

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Waralaba

"wa·ra·la·ba"

Selengkapnya

Istilah Populer Terbanyak Dicari

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo