• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Cash Pooling

Pusat penyimpanan persediaan uang layak edar (ULE) bank-bank yang tidak terserap oleh bank lainnya dalam suatu wilayah tertentu. Uang tersebut merupakan milik Bank Indonesia dan akan diredistribusikan kembali kepada bank-bank baik dalam wilayah yang sama maupun wilayah lainnya.

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cash Pooling?

Cash pooling adalah sebuah sistem pengelolaan dana yang biasa dilakukan oleh perusahaan multinasional untuk melakukan manajemen kas. Biasanya, perusahaan multinasional mengatur manajemen kas dari anak perusahaannya secara terpusat. Cash pooling mempertimbangkan kebutuhan operasional pesertanya, capex (capital expenditure) secara grup, serta pendanaannya.

Pendekatan yang digunakan dalam sistem cash pooling adalah notional pooling dan cash concentration. Pada notional pooling, dana tidak berpindah namun bank akan menggabungkan saldo beberapa rekening perusahaan dan hanya mengenakan bunga kepada rekening yang sudah digabungkan. Sementara, pada cash concentration, uang dipindahkan secara fisik dalam gabungan satu rekening.

Dengan diberlakukannya sistem cash pooling ini, perusahaan yang beroperasi akan lebih fokus pada pengelolaan biaya operasional untuk modal kerja, termasuk mengelola likuiditas operasional dan investasi non strategis (jangka pendek).

Keuntungan Cash Pooling

  • Memudahkan perusahaan dalam mengelola likuiditas keuangannya dan pengambilan keputusan strategis di bidang keuangan.
  • Mempercepat pemindahan dana dari sub rekening ke rekening utama (speed-up cash pooling).
  • Optimalisasi return sesuai instrumen yang dipilih oleh nasabah.
  • Meminimalisir biaya penanganan operasional.
  • Memperoleh pendapatan bunga yang lebih tinggi.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Tabungan

"N tempat menabungkan uang; celengan,uang tabungan; uang simpanan."

Selengkapnya

Perusahaan

"n: Kegiatan (pekerjaan dan sebagainya) yang diselenggarakan dengan peralatan atau dengan cara teratur dengan tujuan mencari keuntungan (dengan menghasilkan sesuatu, mengolah atau membuat barang-barang, berdagang, memberikan jasa, dan sebagainya)."

Selengkapnya

Kas

Uang kartal yang tersedia bagi suatu usaha terdiri atas uang kertas bank dan uang logam, yang merupakan alat pembayaran yang sah; dalam perusahaan bukan bank, cek, wesel, dan surat berharga lain yang dapat segera dijadikan uang diperhitungkan juga sebagai kas (cash).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo