Cardano (ADA)

Definisi Cardano (ADA)

platform blockchain Proof of Stake (PoS) generasi ketiga terdesentralisasi yang dirancang untuk menjadi alternatif untuk jaringan Proof of Work (PoW).

Coin Market Cap

Apa Itu Cardano (ADA)?

Cardano (ADA) adalah platform blockchain Proof of Stake (PoS) generasi ketiga terdesentralisasi yang dirancang untuk menjadi alternatif untuk jaringan Proof of Work (PoW). Cardano didirikan oleh Charles Hoskinson, yang juga salah satu pendiri dari jaringan Ethereum.

Cardano (ADA) merupakan salah satu blockchain terbesar yang berhasil menggunakan mekanisme konsensus Proof of Stake. Di mana, mekanisme proof-of-stake ini jauh lebih menghemat energi jika dibandingkan mekanisme Proof of Work yang digunakan oleh aset Crypto Bitcoin.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Cara Kerja Cardano (ADA)

1. Proof of Stake (PoS)
Koin native Cardano (ADA) tidak ditambang seperti Bitcoin. Sistem Proof of Stake tidak membutuhkan seorang penambang, namun digantikan oleh validator. Validator dipilih oleh jaringan tergantung pada berapa banyak aset ADA yang mereka miliki. Jika mereka dipilih untuk memvalidasi transaksi di blok, mereka bertaruh atau stake ADA yang mereka miliki untuk memverifikasi semua transaksi. Jika blockchain memverifikasi blok validator sudah benar, mereka akan mendapatkan insentif ADA.

2. Ouroboros
Ouroboros merupakan algoritma yang menjalankan sistem Proof of Stake jaringan Cardano. Ouroboros adalah protokol blockchain pertama yang diciptakan dengan cara proses riset yang ditinjau oleh akademisi. Algoritma ini digunakan jaringan Cardano untuk mengamankan, memvalidasi transaksi, dan menciptakan ADA baru.

Ouroboros dianggap sistem PoS yang efisien karena membagi bagiannya menjadi kotak-kotak yang disebut dengan epoch dan slot. Epoch adalah satu kotak besar yang di dalamnya dibagi lagi menjadi beberapa slot. Setiap slot mempunyai pemimpin slot yang berperan sebagai verifikator yang membuat blok baru. Ketika setiap slot dalam semua epoch sudah berhasil diverifikasi oleh jaringan, epoch tersebut dinyatakan selesai dan semua pemimpin slot akan memilih pemimpin slot selanjutnya.

Sistem verifikasi ini rendah emisi dan lebih ramah lingkungan karena setiap epoch membatasi berapa slot leader yang bisa memverifikasi transaksi. Pembatasan dan pemilihan ini dilakukan secara acak menurut algoritma Ouroboros. Hal ini berbeda dengan sistem Proof of Work yang tidak membatasi jumlah miner yang ingin berkompetisi untuk memverifikasi transaksi, sehingga menghabiskan banyak energi komputasi.


promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Mau cari istilah lain? 🔍