• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Cadangan

"anjuran; persediaan, serep; rancangan, rencana; penyisihan dana yang berasal dari kelebihan atau dari laba yang tidak dibagi-bagikan dan sebagainya."

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Arti Kata Cadangan?

Kata cadangan berasal dari kata dasar cadang. Namun pada penggunaannya kata cadangan memiliki banyak cara pelafalan sehingga membuat arti kata cadangan memiliki homonim yang beragam. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cadangan memiliki beberapa makna. Kata cadangan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga cadangan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan. Cadangan termasuk dalam ragam bahasa arkais.

Apa itu Cadangan Bank

Salah satu penggunaan istilah kata cadangan yang cukup umum digunakan dalam dunia ekonomi dan keuangan adalah “cadangan bank”. Cadangan bank adalah kepemilikan deposito bank di bank sentral ditambah mata uang yang secara fisik disimpan di brankas bank (uang brankas).

Di sejumlah negara, batas cadangan minimal di Bank Sentral ditetapkan. Meskipun tidak ada pembatasan yang ditetapkan, sejumlah bank tetap menyimpan cadangan darurat yang bertujuan menghadapi hal-hal tak terduga seperti penarikan bersih oleh para nasabah dalam jumlah besar hingga pengosongan bank.

Istilah Lain Terkait Cadangan Bank

Terkait istilah cadangan bank, berikut beberapa istilah terkait cadangan bank lainnya berta definisi atau artinya

  • Cadangan deposito

    akun deposito di bank sentral yang dimiliki oleh bank.
  • Uang brankas

    cadangan tunai yang disimpan di brankas bank, alih-alih bank sentral.
  • Cadangan pinjaman

    cadangan bank yang diperoleh dengan meminjam dari bank sentral.
  • Cadangan non-pinjaman

    cadangan bank yang tidak diperoleh dengan meminjam dari bank sentral.
  • Cadangan wajib

    jumlah cadangan yang wajib disimpan bank, ditentukan oleh bank sentral sebagai fungsi kewajiban deposito bank.
  • Cadangan ekses

    cadangan bank yang melebihi batas cadangan. Sebagian cadangan ekses (atau bahkan seluruhnya) bisa disebut cadangan darurat.
  • Cadangan bebas

    jumlah cadangan ekses yang melebihi cadangan pinjaman. (Vogel 2001:421)
  • Cadangan total

    semua cadangan bank, uang brankas ditambah cadangan deposito di bank sentral, cadangan pinjaman ditambah non-pinjaman, dan cadangan wajib ditambah ekses.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Jaminan

"n tanggungan atas pinjaman yang diterima; agunan: ia meminjam uang kepada bank dengan ~ sebuah rumah dan sebidang tanah miliknya"

Selengkapnya

Fidusia

"fi·du·sia"

Selengkapnya

Rekening Bersama

“rekening bank yang dibuat atas nama lebih dari satu orang, biasanya pasangan atau mitra: ia dan suami sepakat membuat -- bersama”

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo