• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Cadangan Wajib Minimum

Jumlah dana yang harus dipertahankan dalam rekening giro pada bank sentral atau pada bank koresponden dalam bentuk kas; rekening giro yang merupakan cadangan wajib minimum di bank sentral tidak diberikan bunga; bank umum wajib memelihara cadangan wajib minimumnya pada bank sentral (reserve requirement).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Wajib Minimum?

Cadangan wajib minimum adalah peraturan yang digunakan oleh sebagian besar bank sentral di dunia, dimana bank sentral menetapkan jumlah minimum cadangan wajib yang harus dipegang oleh bank umum. Cadangan wajib minimum umumnya ditentukan oleh bank sentral agar jumlah cadangan tidak kurang dari persentase tertentu dari jumlah kewajiban setoran bank komersial kepada pelanggannya. Cadangan bank umum biasanya terdiri dari uang tunai yang dimiliki oleh bank dan disimpan secara fisik di brankas bank, ditambah jumlah saldo bank komersial di rekening bank dengan bank sentral.

Rasio cadangan wajib minimum yang diperlukan kadang-kadang digunakan sebagai alat dalam kebijakan moneter, mempengaruhi tingkat pinjaman dan suku bunga negara dengan mengubah jumlah dana yang tersedia bagi bank untuk melakukan pinjaman. Lembaga yang menyimpan cadangan dengan jumlah lebih dari yang ditentukan maka disebut memiliki cadangan lebih.

Contoh Cadangan Wajib Minimum

Bank XYZ memiliki deposito Rp1 Triliun dan diharuskan memiliki 10%. Bank sekarang diizinkan untuk meminjamkan Rp800 Miliar, yang secara drastis meningkatkan kredit bank. Selain sebagai penyangga bank yang nasabahnya menarik seluruh uangnya dari bank karena dianggap hampir bangkrut dan sebagai lapisan likuiditas, cadangan wajib minimum juga digunakan sebagai alat moneter oleh bank sentral. Dengan meningkatkan cadangan wajib minimum, bank sentral pada dasarnya mengambil uang dari jumlah uang beredar dan meningkatkan biaya kredit. Menurunkan cadangan wajib minimum memompa uang ke dalam perekonomian dengan memberikan cadangan lebih untuk bank, yang mendorong ekspansi kredit bank dan menurunkan suku bunga.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cadangan Bank

Sebagian dari aktiva bank berupa alat likuid, seperti kas, piutang, dan aktiva lain yang segera dapat dicairkan, seperti giro, deposito, dan simpanan lainnya untuk menghadapi kemungkinan penarikan rekening nasabah (bank reserves).

Selengkapnya

Bank Sentral

"bank n"

Selengkapnya

Cadangan Lebih

Kelebihan cadangan dana bank dan jumlah yang seharusnya, yang jumlahnya telah ditetapkan oleh bank sentral (excess reserves).

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo