• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cadangan Sekunder

Aset bank yang ditanamkan pada surat-surat berharga jangka pendek yang mudah diperjualbelikan, seperti surat-surat berharga pemerintah (SBI); aktiva ini menghasilkan bunga dan dapat diperhitungkan sebagai cadangan pelengkap bank; jika permintaan kredit tidak terlalu banyak, dana yang dihimpun sering diinvestasikan dalam surat-surat berharga jangka pendek yang mudah diperjualbelikan (dikonversikan menjadi uang tunai); cadangan ini tidak dicantumkan secara terpisah dalam POS neraca (secondary reserve).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Sekunder?

Cadangan sekunder adalah aset bank yang diinvestasikan dalam surat berharga jangka pendek yang berfungsi sebagai sumber likuiditas tambahan untuk cadangan primer. Cadangan ini dapat memberikan pendapatan kapan saja saat dibutuhkan untuk dijadikan uang tunai tanpa mengakibatkan kerugian pada bank. Surat-surat berharga yang dapat dikategorikan sebagai cadangan sekunder yaitu:

  • Surat Berharga Pasar Uang (SPBU)
  • Sertifikat Bank Indonesia
  • Surat Utang Negara
  • Sertifikat Deposito
  • Surat Berharga Jangka Pendek lainnya.

Tujuan Cadangan Sekunder

Tujuan utama cadangan sekunder yaitu sebagai pengganti dari cadangan primer. Cadangan sekunder dapat memberikan dua manfaat bagi bank, yaitu untuk menjaga likuiditas dan meningkatkan profitabilitas bank. Berikut kegunaan cadangan sekunder:

  1. Memenuhi kebutuhan likuiditas yang bersifat jangka pendek, seperti penarikan simpanan oleh nasabah deposan dan pencairan kredit dalam jumlah besar yang telah diperkirakan.
  2. Memenuhi kebutuhan likuiditas yang harus segera dipenuhi dan kebutuhan lainnya yang tidak diperkirakan.
  3. Sebagai tambahan apabila cadangan primer tidak mencukupi.
  4. Memenuhi kebutuhan likuiditas jangka pendek yang tidak diperkirakan dari deposan dan penarikan dari debitur. Karena kebutuhan likuiditas ini tidak semuanya dapat diperkirakan, maka cadangan sekunder ini ada dalam bentuk surat berharga jangka pendek yang mudah diperjualbelikan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cadangan Primer

Jumlah uang kas yang diperlukan untuk kebutuhan operasi bank ditambah cadangan wajib yang harus disimpan di bank sentral/bank koresponden, ditambah dengan cek-cek yang belum ditagihkan ke bank; cadangan primer tidak dapat digunakan untuk menutup penarikan deposito secara mendadak atau krisis likuiditas sementara; cadangan primer berbeda dengan cadangan sekunder yang dapat diinvestasikan dalam surat berharga yang mudah diperjualbelikan, seperti surat berharga jangka pendek dan obligasi pemerintah (primary reserve).

Selengkapnya

Surat Berharga Negara (SBN)

“adalah Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)”

Selengkapnya

Likuiditas

"/li·ku·i·di·tas/"

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo