Cadangan Moneter

Definisi Cadangan Moneter

Jumlah emas atau perak batangan yang dikuasai oleh bank sentral atau perbankan sebagai jaminan untuk ekspansi kredit, uang beredar, dan neraca pembayaran (monetary reserves).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Moneter?

Cadangan moneter adalah nilai total mata uang asing, emas dan logam mulia lainnya yang disimpan oleh bank sentral. Kepemilikan bank sentral terhadap cadangan tersebut memungkinkan pengaturan mata uang dan suplai uang negara, serta mengelola transaksi di pasar global. Cadangan moneter membantu pemerintah untuk memenuhi kewajiban keuangan saat ini dan jangka pendek. Cadangan adalah aset dalam neraca pembayaran suatu negara. Dolar AS adalah aset cadangan dominan, sehingga sebagian besar bank sentral negara menyimpan sebagian besar cadangan mereka dalam dolar AS.

Kepemilikan cadangan moneter dikenal sebagai agregat moneter dan merupakan kategori luas yang mendefinisikan dan mengukur jumlah uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Di Amerika Serikat, agregat moneter standar meliputi uang kertas dan koin, pangsa pasar uang, tabungan, dan barang-barang lainnya.

Otoritas moneter bank sentral suatu negara akan menggunakan aset cadangan yang tersedia untuk mendanai kegiatan manipulasi mata uang dalam perekonomian negara. Bank-bank sentral juga akan memelihara cadangan internasional yang merupakan dana yang dapat dilewati oleh bank-bank itu sendiri untuk melakukan transaksi global.

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo
promo

Istilah terkait yang ini

Mau cari istilah lain? 🔍