• Produk
  • Promo
  • Artikel
Kamus Keuangan

Cadangan Lebih

Kelebihan cadangan dana bank dan jumlah yang seharusnya, yang jumlahnya telah ditetapkan oleh bank sentral (excess reserves).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Lebih?

Cadangan lebih adalah cadangan modal yang dimiliki oleh bank atau lembaga keuangan yang melebihi dari apa yang disyaratkan oleh regulator, kreditor atau kontrol internal. Untuk bank komersial, cadangan lebih diukur terhadap jumlah persyaratan cadangan standar yang ditetapkan oleh otoritas perbankan sentral. Rasio cadangan yang disyaratkan ini mengatur minimum simpanan yang berbentuk likuid (seperti uang tunai) yang harus dicadangkan di bank; jika lebih maka dianggap sebagai cadangan lebih.

Perusahaan keuangan yang memiliki cadangan lebih memiliki tingkat keamanan ekstra jika terjadi kehilangan pinjaman mendadak atau penarikan tunai yang signifikan oleh pelanggan. Cadangan ini dapat meningkatkan keamanan sistem perbankan, terutama di saat ketidakpastian ekonomi. Meningkatkan tingkat cadangan lebih juga dapat meningkatkan peringkat kredit perusahaan.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Cadangan

"anjuran; persediaan, serep; rancangan, rencana; penyisihan dana yang berasal dari kelebihan atau dari laba yang tidak dibagi-bagikan dan sebagainya."

Selengkapnya

Bank

“Badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.”

Selengkapnya

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo