• Produk
  • Promo
  • Artikel

Cadangan Kas

Sejumlah uang tunai (rupiah dan valuta asing) yang dicadangkan dan disimpan di dalam khasanah sertä diperhitungkan dalam pemenuhan kewajiban likuiditas minimum bank; (cash reserve).

Otoritas Jasa Keuangan

Apa Itu Cadangan Kas?

Cadangan kas adalah uang yang disimpan oleh individu atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan jangka pendek dan darurat. Investasi jangka pendek yang memungkinkan pelanggan dengan cepat mendapatkan akses ke uang mereka, seringkali dengan imbalan tingkat pengembalian yang lebih rendah, juga dapat disebut cadangan tunai.

Fungsi Cadangan Kas

Cadangan kas memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi setiap institusi. Berikut merupakan beberapa fungsi cadangan kas di institusi yang berbeda:

  • Perusahaan – Perusahaan memiliki cadangan kas untuk memenuhi semua biaya yang diperlukan dan biaya tidak terduga dalam jangka pendek. Uang tunai adalah bentuk harta yang paling likuid, namun aset jangka pendek juga dianggap sebagai cadangan kas karena likuiditasnya yang tinggi dan tanggal jatuh tempo yang singkat.
  • Bank – Bank harus mengikuti persyaratan jumlah cadangan kas yang harus dimiliki. Jumlah ini ditentukan sebagai persentase dari kewajiban setoran yang disebut rekening transaksi bersih, yang pada dasarnya adalah uang dari nasabah yang dimasukkan ke bank dan perlu dibayar kembali di masa depan.
  • Individu – Individu memiliki cadangan kas jika terjadi keadaan darurat. Mereka menyimpan cadangan kasnya di rekening bank atau dalam investasi jangka pendek yang stabil. Dengan begitu, mereka dapat menarik dana tersebut atau menjual investasinya kapan saja tanpa kehilangan uang, terlepas dari kinerja pasar saham.

Istilah lainnya dari Kategori Terkait

Dana

"Uang tunai dan atau aktiva lain yang segera dapat diuangkan yang tersedia atau disisihkan untuk maksud tertentu (fund)."

Selengkapnya

Uang

"n alat tukar atau standar pengukur nilai (kesatuan hitungan) yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak, atau logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu."

Selengkapnya

Cadangan

"anjuran; persediaan, serep; rancangan, rencana; penyisihan dana yang berasal dari kelebihan atau dari laba yang tidak dibagi-bagikan dan sebagainya."

Selengkapnya

Promo Produk Keuangan Tokopedia

Lihat Semua Promo